Obyek Wisata Sejarah Candi Gambar Wetan di Blitar

0 124

Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Desa Gambar Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Jawa Timur disinyalir candi yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan Hayam Wuruk dikala berkunjung ke Blitar. Candi tersebut berada di utara Candi Penataran tepatnya 20 meter sebelum masuk gapura ke area Candi Penataran dari timur ada pertigaan silahkan memilih jalan arah ke kanan selanjutnya tinggal mengikuti jalan tersebut sampai pada pemukiman penduduk.

Sejarah Candi Gambar Wetan

Konon cerita yang termuat pada relief Candi Gambar Wetan yang sekarang banyak yang raib karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mengisahkan tentang Putri Calon Arang. Model candi yang bertingkat-tingkat pada bukit kecil sangat indah untuk dinikmati pemandangannya. Dari lokasi candi dapat melihat pucuk Gunung Kelud serta dibawahnya juga nampak alur sungai yang merupakan jalur lahar ketika Gunung Kelud memuntahkan berbagai cairan dari dalam perutnya. Kondisi candi Gambar Wetan cukup bersih dan terawat oleh penjaga candi, tapi sayang memang sangat sepi dari pengunjung. Tidak ada salahnya bila sekali-kali menyempatkan diri untuk melihat Candi Gambar Wetan dari dekat.

Akses Menuju Candi Gambar Wetan

Bagi kamu yang berminat berkunjung kesini namun belum tahu jalan menuju kesini, jangan khawatir. Karena jalan menuju Candi Gambar Wetan ini tak serumit candi lainnya, kamu hanya perlu melewati jalan utama dan perkiraan sampai dari Kota Blitar ke Candi Gambar Wetan ini adalah 2 jam lebih bila tidak macet. Sebenarnya ada dua jalur yang bisa kamu lewati, yaitu melewati jalan utama dan yang kedua kamu bisa melewati jalan yang melintasi Candi Penataran.

Dan akses jalan untuk ke Candi Gambar Wetan ini sudah di aspal dan mulus, jadi tidak ada halangan bagi kamu saat ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Nah, bagi kamu yang berminat untuk berkunjung kesini dan sudah tahu tempatnya tunggu apa lagi? Coba deh liburan bersama keluarga kesini, dijamin gak bakal nyesel.

Harga Tiket Masuk Candi Gambar Wetan

Untuk jam bukanya sendiri, Candi Gambar Wetan mulai buka pada pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung kesini dari luar kota, sebaiknya kamu berangkat pagi – pagi sekali karena pada siang hari candi ini lumayan ramai, dan yang perlu diingat juga jangan datang terlalu sore. Karena candi yang satu ini sudah tutup pada pukul 16.00 WIB dan tak ada penginapan di kawasan candi tersebut. Lalu untuk harga tiket masuk ke candi ini gratis alias tidak dipungut biaya, karena candi yang satu ini dibuka untuk umum, jadi bagi kamu yang belum pernah kesini, yuk coba liburan ke Candi Gambar Wetan ini.

Source https://www.tempat.co.id https://www.tempat.co.id/wisata/Candi-Gambar-Wetan
Comments
Loading...