Obyek Wisata Sejarah Candi Dermo Di Sidoarjo

0 84

Candi Dermo

Candi Dermo merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Dusun Dermo, Desa Candi Negara, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 12 kilometer arah barat kota Sidoarjo. Candi ini terletak pada permukiman padat penduduk. Oleh karena pada halaman rumah penduduk sekitar ditanami pohon mangga, maka jalan desa Candi Dermo sulit diketahui penggunjung. Candi Dermo merupakan salah satu wisata sejarah dalam masa Hindu-Buddha dan diidentifikasi sebagai sebuah gapura paduraksa. Candi ini memiliki panjang 9 meter, lebar 7,7 meter, tinggi 13,5 meter, dan menghadap ke barat. Bahan dasar pembuatan candi adalah batu bata.

Ekskavasi pernah dilakukan di kanan kiri candi. Ketika itu ditemukan struktur sayap. Ragam hias Candi Dermo yang masih bisa terlihat jelas adalah hiasan wajik pada kaki candi serta relief sulur-suluran pada badan dan atap candi. Halaman sisi barat candi juga pernah diekskavasi. Temuannya berupa susunan batu bata yang dipasang di halaman candi dan tersusun secara diagonal. Saat ini susunan batu bata ditutup karena bila dibuka akan mengakibatkan kerusakan pada batu bata tersebut. Bukan hanya itu. Menurut Bu Endang Kristina, arkeolog BPCB Jawa Timur, tim pemugaran Candi Dermo juga menemukan peripih di sekitaran kaki candi.

Akses Menuju Candi Dermo

Bagi anda yang ingin menuju ke tempat obyek wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung saja arahkan kendaraan anda  kesulitan untuk menemukan lokasinya, anda bisa menyalakan aplikasi gps anda untuk menuntun anda menuju ke Candi Dermo. Untuk lebih mudahnya lagi anda juga bisa naik transportasi umum yang banyak melewati sana. Obyek wisata Candi Dermo dibuka selama 24 jam untuk para wisatawan yang mau berkunjung, dan juga anda yang akan kesana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya tiket parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Candi-Dermo
Comments
Loading...