Obyek Wisata Sejarah Candi Barong di Sleman

0 34

Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu wisata sejarah yang berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu dan istrinya Laksmi yang juga dikenal sebagai Dewi Sri (Dewi kemakmuran pertanian). Orang-orang di sekitarnya menyembah mereka dengan harapan bahwa tanah mereka akan lebih subur. Candi ini memiliki karakteristik tersendiri dalam hal fungsi.

Seperti yang Anda perhatikan, kebanyakan candi Hindu yang dibangun untuk menyembah Siva, tapi candi ini berbeda karena dibangun untuk menyembah Vishnu sebagaimana disebutkan di atas Candi ini bernama Barong bukan tanpa alasan. Hiasan Kala menyerupai Barong di Bait Allah adalah alasan utama dari penamaan. Nama aslinya adalah Candi Sari Suragedug. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad 9 atau 10. Candi ini juga disebutkan dalam prasasti Ratu Boko tanggal 856 AD.

Lokasi Candi Barong

Candi Barong terletak di Dusun Candisari, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Ini adalah sekitar 27 Km ke arah timur dari kota Yogyakarta.

Keunikan Candi Barong

Candi Barong terbagi menjadi tiga tingkatan. Tingkat pertama dari teras adalah halaman terluar yang dikelilingi oleh garis batu. Dianggap sebagai daerah semi – profan, teras kedua memiliki landasan oktagonal yang berfungsi sebagai dasar dari beranda terbuka besar.

Teras ketiga yang memiliki dua candi dianggap sebagai kawasan suci. Ini juga merupakan daerah tertinggi candi. Pengunjung harus melewati tangga dan gerbang batu andesit sebelum bisa masuk ke tingkat tertinggi.

Kala Makara ornamen di Candi Barong adalah unik. Tidak seperti banyak lainnya Kala Makara ditemukan di candi lain, Kala di Candi Barong menggambarkan kepala singa lengkap dengan rahang bawah. Ornamen unik lainnya adalah relief Ghana dan bersayap Sankha. Ghana bersayap Sankha adalah simbolisasi lain Wisnu. Patung Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang ditemukan di kuil. Diperkirakan bahwa patung-patung yang diletakkan di relung sejak candi tidak memiliki ruang. Namun, patung kini disimpan oleh Balai Konservasi Arkeologi ( BP3 ) dalam rangka untuk melestarikannya.

Rute Menuju Candi Barong

Dengan transportasi umum : Ambil Trans Jogja jalur 1A atau 1B dan berhenti di shelter Prambanan. Lanjutkan dengan ojek ( sepeda motor taksi ) ke kuil . Dengan kendaraan pribadi: Berangkat dari Yogyakarta, kepala ke timur ( Yogya -Solo Jalan ) atau mengambil rute ke Candi Prambanan. Belok kanan di persimpangan sebelum Candi Prambanan ( selatan ) dan mengikuti tanda jalan menuju Barong dan Candi Banyunibo. Dalam kasus Anda tersesat, Anda selalu dapat meminta bantuan penduduk.

Source http://www.yogyakarta.co http://www.yogyakarta.co/candi-barong/
Comments
Loading...