Obyek Wisata Sejarah Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi

0 152

Candi Agung Gumuk Kancil

Candi Agung Gumuk Kancil merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Dusun Wonoasih, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Bannyuwangi, Jawa Timur. Candi bermotif Prambanan itu digarap selama 132 hari dengan dana Rp 150 juta. Diresmikan pada 11 Agustus 2002. Lokasi candi yang berada tepat di Petilasan Maha Rsi Markandeya ini mudah dijangkau, untuk mencapainya bisa menggunakan kendaraan roda empat.

Jaraknya sekitar 80 kilometer dari kota Banyuwangi ke arah barat. Lokasi candi yang berada di pinggir hutan milik Kesatuan Pemangku hutan (KPH) Perhutani Banyuwangi Barat itu sebenarnya dibuka untuk umum. Selain lokasinya bagus, tempat itu oleh umat hindu disucikan karena dipercaya sebagai petilasan Maha Rsi Markandeya, seorang tokoh penyebar agama Hindu pertama di jawa. Di lokasi itu ada beberapa tempat yang dikeramatkan. Selain candi Agung gumuk kancil juga ada Pura Puncak Raung dan Beji.

Selain Candi Agung Gumuk Kancil, banyak tempat lagi di sekitar Dusun Sugihwaras yang bisa dijadikan objek perjalanan spiritual. Seluruh lokasi ini diyakini bekas perkampungan kaum Jawa Aga pada masa Rsi Markandeya. Selain Candi Agung Gumuk Kancil sedikitnya ada tiga lokasi, yakni Partirtan Sumber Urip, Watu Gantung dan situs Candi Gumuk Payung. Empat lokasi ini letaknya terpisah, namun bisa ditempuh dalam sekali perjalanan. Diantara ketiganya, yang dirasakan paling mistis adalah Patirtan Sumber Urip. Letaknya sekitar satu kilometer arah utara Gumuk Kancil. Mata air alami ini ditemukan tahun 1990-an.

Sebelumnya mata air ini tertimbun hutan lindung. Sumber Urip merupakan mata air alami yang keluar dari batu. Dari Kecamatan Genteng ke utara sejauh 7 km menuju kecamatan Sempu.Dari Kecamatan Sempu menuju desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore sejauh 3 km melewati stasiun Kalisetail dan stasiun Sumberwadung. dari desa Sumbergondo menuju dusun wonoasih sejauh 2 km mengikuti petunjuk jalan menuju lokasi.

Source http://www.banyuwangibagus.com http://www.banyuwangibagus.com/2014/12/wisata-spiritual-candi-agung-gumuk.html
Comments
Loading...