Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

0 81

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta merupakan salah satu wisata religi yang berada di Jalan Kauman, Alun-Alun Keraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132, masjid yang dibangun diatas tanah keraton Yogyakarta  berada di sebelah barat dari Alun Alun utara dan juga berada di sebelah barat daya keraton Yogyakarta. Letak Masjid Gedhe Kauman lebih tepatnya berada di kampung kauman, kelurahan ngupasan, gondomanan, kota Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman masih dalam satu kesatuan dengan keraton Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman juga biasa disebut dengan nama lain seperti Masjid Agung Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang juga mempunyai nama Masjid Agung, Masjid Besar dan hingga saat ini menjadi masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri dibangun diatas tanah seluas 16000 meter persegi dengan luas bangunan masjid hingga 2578 meter persegi yang dapat menampung jamaah hingga 1500 jamaah. Masjid Gedhe Kauman merupakan objek wisata religi atau keagamaan karena masjid Gede ini dibangun pada tahun 1773 masehi yang pembangunannya diprakarsai sendiri oleh Sri sultan Hamengkubuwono.

Asal Usul Nama Kauman

Selain membangun masjid, Sri Sultan juga melengkapi dengan bangunan yang digunakan sesuai dengan fungsi masing-masing bangunan. Salah saatu bangunan tersebut adalah perumahan bagi penghulu Keraton dengan keluarganya. Perumahan yang dibangun di sisi utara masjid ini diberikan kepada para Ulama Ketib (Khotib), Abdi Dalem Kaji Selusinan dan Abdi Dalem Banjar Mangah. Di mana bangunan tersebut dinamakan Pakauman atau tempat para Kaum = Qoimuddin atau penegak agama, hingga akhirnya di kenal kampung Kauman.

Akses Menuju Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman berada di Kompleks Kraton Yogyakarta yang mana berada di selatan Alun-Alun Utara. Jika anda berangkat menggungakan transportasi umum seperti Bus Trans Jogja anda dapat turun di Selter 3 Malioboro kemudia melanjutkan dengan jalan kaki atau menggunakan becak karena masih terbilang agak jauh. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi ada dapat langsung menuju Museum Sultan Hamengku Buwono dan membayar tarif parkir kendaraan anda.

Source http://noviadinia.blogspot.co.id http://noviadinia.blogspot.co.id/2016/10/masjid-gedhe-kauman-yogyakarta.html
Comments
Loading...