Obyek Wisata Religi Kelenteng Sanggar Agung Surabaya

0 141

Kelenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung berada di Jalan Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Kuil ini, selain menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan pelancongan wisata bagi mereka yang Cuti / Liburan Di Surabaya.

Sejarah  Klenteng Sanggar Agung

Sejarah Klenteng Sanggar Agung Surabaya, Klenteng Sanggar Agung adalah sebuah patung Kwan Im yang memiliki ketinggian 20 meter dan terletak di tepi laut. Klenteng ini dipersembahkan kepada Nan Hai Guan Shi Yin Pu Sa atau Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan. Patung ini dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan di atas air pada saat ia sedang menutup Klenteng di malam hari. Penampakan tersebut dipercaya sebagai penampakan Kwan Im sendiri. Ikon lain dari Sanggar Agung ini adalah Patung Phra Phrom raksasa berlapis emas. awal mula pendirian klenteng ini adalah sebuah kelanjutan dari keluarga Loe Kim Soen, yaitu pendiri dan ayah dari Soetiadji Yudo, yang adalah pemimpin Sanggar Agung. Candi ini diresmikan pada tahun 1999, tepatnya pada Tahun Baru Imlek.

Keunikan  Klenteng Sanggar Agung

Keunikan Klenteng Sanggar Agung, Bagian dalam Kelenteng merupakan bagian yang indah, dimana terdapat Patung Dewe Kwan Im Pouw Sat dan empat pelindungnya. Ada juga 2 patung naga di setiap sisi patung dewi Kwan Im dengan panjang masing-masing 6 M. Sedangkan patung Kwan Im sendiri memiliki tinggi sekitar 20 m dan tampak indah layaknya sebuah karya seni. Patung Kwan Im dibangun setelah kurang dari 2 tahun dari kuil dibangun.

Wisatawan yang datang ke kuil ini tidak hanya datang dari para jemaat, tetapi juga dari mereka Wisatawan yang ingin mengunjungi dan melihat klenteng dengan lebih dekat atau bertujuan ingin menggambil gambar. Klenteng Sanggar Agung kini menjadi sebuah obyek wisatadi kawasan pantai Kenjeran di Surabaya.

Lebih menarik lagi Klenteng Sanggar Agung Candi menjadi lebih ramai ketika Tahun Baru Imlek telah datang, waktu dimana masyarakat etnis Tionghoa merayakan acara tahun baru mereka. Keberadaan Sanggar Agung menjadi yang terletak di atas laut, tentunya lebih menarik bagi mereka yang mengunjungi Klenteng Agung Surabaya. Kelenteng Sanggar Surabaya ini sangat mudah sekali untuk kita kunjungi karena bangunan patung buddha yang memiliki tinggi 36 meter ini berada dekat dengan Wisata Patung Buddha 4 Wajah Surabaya.

Source http://www.agentwisatabromo.com http://www.agentwisatabromo.com/berwisata-di-klenteng-sanggar-agung-surabaya.html
Comments
Loading...