Obyek Wisata Puncak Darma Sukabumi Jawa Barat

0 194

Puncak Darma

Puncak Darma merupakan salah satu wisata spot tertinggi yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Puncak Darma memiliki ketinggian sekitar 230 mdpl. Kawasan Ciletuh Geopark jika dilihat bagaikan sebuah tapal kuda yang berbentuk setengah lingkaran. Dan dari Puncak Darma inilah Teluk Ciletuh dan Pantai Palangpang terlihat jelas membentuk sebuah setengah lingkaran yang cantik. Tak hanya pemandangan laut dan samudera yang bisa kita lihat dari tempat ini, barisan rumah dan sawah terlihat membentuk sebuah petak-petak kecil layaknya sebuah diorama mini. Sebelum tiba di Puncak Darma, kamu akan menemukan spot tersembunyi yang bernama Puncak Bunga Manik. Tempat ini tak kalah indahnya dengan pemandangan di Puncak Darma.

Fasilitas Puncak Darma

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Puncak Darma dan Puncak Manik ini bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir yang tersedia di kaki gunung Puncak Darma maupun lahan parkir yang tersedia di atas Puncak Darma. Di kawasan Puncak Darma juga terdapat beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman bagi kamu yang kelelahan dalam menanjak gunung. Ditempat ini pula terdapat toilet dan mushola yang bisa digunakan kapan pun. Selain itu, ditempat ini terdapat beberapa spot untuk berfoto dan beristirahat, mulai dari tempat duduk bambu hingga spot foto speedboat.

Tiket Masuk Puncak Darma

Untuk bisa menikmati keunikan dan keindahan alam dari Puncak Bunga Manik, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Sedangkan tiket masuk untuk Puncak Darma adalah sebesar 5.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi Puncak Darma

Secara administratif, berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Darma

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu – Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju Desa Ciwaru dimana Curug Cimarinjung ini berada. Dari Desa Tamanjaya yang terdapat kantor sekretariat PAPSI menuju Desa Ciwaru berjarak sekitar 7 km dengan akses yang menurun dan menanjak, serta di beberapa titik perjalanan jalan masih kurang mulus dan berbatu.

Source wisata pikiranrakyat
Comments
Loading...