Obyek Wisata Pondok Edelweis Karangasem Bali

0 43

Pondok Edelweis

Bali dengan sebutan Pulau Seribu Pura menjadi destinasi terbaik di Dunia.  Mother Temple (Pura Besakih) menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Bali. Tak jauh dari Pura Besakih, hamparan tanaman keabadian, Kasna (Edelweis Bali) dan Gumitir (Marigold) menyedot wisatawan berbondong-bondong ke Temukus. Bak permadani, putih, Edelweis Bali terhampat di seluruh kebun masyarakat.

Belum lagi rona bunga Marigold mewarnai lembah putih di Temukus. Namun, keberadaan lembah putih ini hanya ada menjelang Galungan dan Kuningan. Sebab, tanaman keabadian itu harus dipanen menjelang hari raya. Satu tahun lebih, sebelum Tohlangkir menyemburkan berkahnya ke desa lembah putih, Edelweis Bali menjadi trending topik tempat spotselfie di sosial media. Menjelang Galungan dan Kuningan kebun Edelweis Bali menjadi magnet wisatawan datang ke Temukus.

Sayangnya, panorama itu hanya dinikmati pengunjung kurun waktu tertentu saja. Beberapa masyarakat tergerak untuk mengabadikan tanamanan Edelweis Bali menjadi sebuat tempat spotselfie berbasis alam. Tempat yang bisa memberikan ketenangan di balik megahnya Gunung Giri Tohlangkir (Gunung Agung), indahnya perbukitan, serta hamparan perkebunan masayarakat.

Di sanalah berdiri impian masyarakat menciptakan “Pondok Edelweis Bali”. Pondok Edelweis Bali menjadi rumah tanaman Kasna yang ditata dengan konsep Tri Hita Karana. Dilengkapi taman Gumitir pondoh ini berdiri di kaki Giri Tohlangkir.

Tujuannya menciptakan wisata desa yang dapat dinikmati secara humanis oleh pengunjung. Secara swadaya masyarakat bahu-membahu membangun Pondok Edelweis Bali agar Edelweiss bisa dinikmati kapan saja. Tidak lagi menunggu hari raya Galungan dan Kuningan. Sejak 20 Juni 2018 masyarakat secara swadaya bergotong royong mewujudkan surga tersembunyi di Desa Temukus. Edelweis Bali menjadi ikon tanaman keabadian di Desa Temukus.

Alamat : Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih, Kab. Karangasem.

Source https://objekwisatadibali.com https://objekwisatadibali.com/karangasem-bali-pondok-edelweis/
Comments
Loading...