Obyek Wisata Perkebunan Teh Bukit Tunggul Bandung

0 172

Perkebunan Teh Bukit Tunggul

Perkebunan Teh Bukit Tunggul merupakan salah satu wisata perkebunan yang berada di Bandung, Jawa Barat. Terdapat dua jalur yang dapat di tempuh bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke perkebunan tersebut. Jalur pertama melewati lembang ke arah maribaya kemudian naik menuju Perkebunan Teh Bukit Tunggul. Jalur kedua dapat kita lewati melalui Masjid Ujung Berung kemudian naik menuju bukit. Namun, para wisatawan hanya bisa mengendarai motor jika melewati jalur kedua, karena jalanan menuju kesana  sangat terjal dan curam.

Perkebunan Bukit Tunggul ini juga menyediakan tempat wisata berupa area camping ground. Para pelajar dan mahasiswa bisa mengadakan camping di area camping ground tersebut. Adanya empat gunung disekitar camping ground, yaitu Gunung Palasari, Gunung Pangparang, Gunung Bukit Tunggul dan Gunung Manglayang membuat area camping ground semakin sejuk dan nyaman untuk berkemah.

Di sekitar Perkebunan Teh Bukit Tungguldekat dengan camping ground, juga berdiri sebuah pabrik untuk memproduksi kulit pohon kina. Pabrik tersebut mengolah kulit batang kayu kina yang telah di keringkan sebagai bahan baku obat malaria yang akan dikirimkan ke tempat farmasi yang ada di Bandung. Penduduk sekitar memanfaatkan banyak nya pohon kina yang tumbuh di sekitar perbukitan sebagai mata pencaharian mereka.

Disekitar perkebunan teh bukit Tunggul, terdapat beberapa bangunan kuno yang masih tetap berdiri hingga sekarang. Yaitu seperti artefak megalitik yang terdapat di batuloceng. Artefak yang disebut jabang bayi tersebut dipercayai oleh masyarakat sekitar  sebagai benda yang membawa berkah. Apabila seseorang mampu mengangkat artefak tersebut, maka diyakini orang tersebut akan mudah menerima rejaki. Selain itu, disekitar artefak juga terdapat punden berundak sebagai tempat penyembahan pada masa kerajaan.

Sehingga, bila wisatawan berlibur di daerah bukit unggul, mereka tidak hanya di manjakan oleh keasrian pemandangan alam sekitar tetapi juga oleh bangunan-bangunan kuno pada masa kerajaan. Bagi para wisatawan yang hendak menikmati bukit unggul lebih lama lagi, tak perlu kawatir dengan tempat tinggal, karena disekitar bukit unggul terdapat beberapa penginapan. Seperti di U village hotel bukit Tunggul ataupun villa bukit Tunggul.

Source http://www.wisatatiga.com http://www.wisatatiga.com/2014/11/berwisata-di-bukit-tunggul-surga-alam.html
Comments
Loading...