Obyek Wisata Perkebunan Bayu Lor di Banyuwangi

0 187

Perkebunan Bayu Lor

Perkebunan Bayu Lor merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Songgon, sekitar 40 km dari Kota Banyuwangi. Perkebunan ini letaknya di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut, di lereng Gunung Raung. Keindahan panorama Perkebunan Bayu Lor merupakan daya tarik tersendiri di daerah wisata Banyuwangi. Hamparan tanaman kopi yang tertata rapi, dengan udara sejuk dan segar memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Perkebunan Bayu Lor terkenal dengan serat Abaka.

Bahkan tempat ini merupakan satu-satunya penghasil serat tersebut. Disamping itu, perkebunan ini juga memproduksi cengkih dan kopi. Berada di pegunungan dengan hawa sejuk, cocok untuk bersantai. Selain itu, perkebunan ini juga sudah menyediakan penginapan untuk para pengunjungnya. Walau terbilang jauh dari pusat kota atau keramaian kampung, tetapi penginapan Bayu Lor tetap menarik dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Sebab, penginapan Bayu Lor tidak sekedar memberi kenyamanan tetapi juga pengalaman menarik karena bisa menikmati aneka buah–buahan di kebun milik penginapan Bayu Lor.

Daya Tarik Perkebunan Bayu Lor

Selain udara dingin pegunungan, kita juga akan selalu mendengar gemericiknya air sungai yang mengalir di depan penginapan. Ditambah lagi tanaman bunga yang terbilang langka seperti teratai, dahlia malam, sudan dan bugenfil eropa. Sedang aneka tanaman buah diantaranya durian, rambutan, nangka, jeruk bali, salak serta manggis.

Letak penginapan itu berada di ketinggian antara 500 hingga 800 meter diatas permukaan laut merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi tamu. Selain komoditi kebun, yakni kopi, cengkeh dan tanaman pisang abaka, penginapan Bayu Lor juga selalu memanjakan tamu dengan menikmati buah segar di kebun. Hampir setiap akhir pekan penginapan Bayu Lor selalu kedatangan tamu mancanegara, diantaranya dari Belanda, Belgia, Perancis.

Source http://www.eastjava.com http://www.eastjava.com/tourism/banyuwangi/ina/bayu_lor.html
Comments
Loading...