Obyek Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi, Loksado

0 80

Pemandian Air Panas Tanuhi

Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sudah populer sejak lama hingga sekarang. Letaknya yang berada di dataran tinggi pegunungan Meratus daerah Loksado, membuat panoramanya sangat indah dan sejuk. Recomneded untuk tujuan liburan keluarga.

Daya Tarik di Wisata Air Panas Tanuhi

Wisata air yang dikeloa oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini memiliki kolam pemandian sebanyak 3 buah dengan kondisi suhu air yang berbeda-beda.

Kolam pertama yaitu kolam yang cukup luas dengan suhu sedang, biasanya digunakan untuk berendam sebagai pemanasan sebelum berendam di kolam ke dua yang berukuran lebih kecil namun suhu airnya lebih hangat. Sedangkan kolam ketiga memiliki suhu air yang dingin namun memiliki kedalaman air yang lebih dalam dibandingkan kedua kolam lainnya.

Berendam atau pun berenang di kolam Pemandian Air Panas Tanuhi membuat tubuh merasa lebih rileks, kandungan dalam air hangat alaminya mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh lebih bugar. Yang pastinya juga seru karena bisa berbaur dengan wisatawan lainnya.

Fasilitas di Wisata Air Panas Tanuhi

Objek wisata Air Panas Tanuhi sangat mengutamakan kenyamanan para pengunjungnya, buktinya adalah dengan suuguhan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitasnya mulai dari kolam berendam atau berenang (sudah pasti), 

Lokasi: Pemandian Air Panas Tanuhi berlokasi/ beralamat di desa Tanuhi, kawasan Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Kandangan, kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan.

Tiket Masuk: Rp3.000 untuk anak-anak, Rp5.000 untuk orang dewasa.

Biaya parkir: Rp5.000 roda dua, Rp10.000 roda 4.

Rutenya:

Start dari Bundaran Ketupat di Jalan Hanyar/ dekat terminal Bus Kandangan. Dari bundaran tersebut, jika dari arah Kota Rantau pilih arah ke kanan, jika dari Kota Barabai pilih arah kiri.

Selanjutnya lurus saja sampai menjumpai perempatan lalu ambil arah kiri menuju Loksado (Lurus menuju jalan alternatif ke Kota Rantau, kanan menuju Kota Kandangan).

 Terus lurus menuju Kecamatan Loksado.

 Melwati desa Halunuk, Panggungan – Lumpangi (hati-hati jalannya menanjak dan berkelok)

Di sekitar desa Lumpangi jika ada pertigaan pilih arah lurus saja (jika ke kanan menuju arah ke Batulicin).

Terus lurus lagi hingga menjumpai gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi

Melewati jembatan hingga ketemu pertigaan seperti huruf “T”, pilih arah kiri menuju desa Tanuhi (jika ke kanan menuju desa Haratai/ Lok Lahung)

-Jika sudah di desa Tanuhi, jaraknya hanya sekitar 400 meter, letaknya mudah ditemukan karena berada di sebelah kanan jalan. Sampailah di tempat parkir.

Tempat Wisata Dekat Pemandian Air Panas Tanuhi

Jika Anda berwisata ke Tanuhi sekalian saja ke Air Terjun Kilat Api yang lokasinya terbilang dekat, jaraknya yakni sekitar 950 meter. Daya tariknya adalah kejernihan airnya yang apabila terpapar sinar matahari, sinarnya seakan memantulkan cahaya yang tampak bagai kilatan api yang menyala-nyala. Dan itulah sebab kenapa dinamakan “Air Terjun Kilat Api”. Untuk menujunya cukup seru lho, karena akan menyebrangi sungai dengan bercebur jalan kaki dan bisa juga menyewa rakit bambu dengan membayar seikhlasnya. Air terjun Kilat Api memang tidak terlalu besar, tapi panoramanya cantik dan layak dinikmati. Banyak spot keren untuk pepotoan.

Source https://janganlupapiknikk.blogspot.com https://janganlupapiknikk.blogspot.com/2018/04/wisata-pemandian-air-panas-tanuhi.html
Comments
Loading...