Warning: unlink(/tmp/c24a47605609d900a9c371d8a148529f-3p4xw5.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul

0 106

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Parang Wedang merupakan pemandian air panas dari sumber air panas alami yang memancar dari dalam bumi di dekat kawasan Pantai Parangtritis. Sumber air panas Parang Wedang memiliki dua keunikan dimana letaknya berada di dataran rendah yaitu tepi pantai atau bukan lereng gunung dan tidak mengeluarkan bau belerang seperti sumber air panas pada umumnya. Pemandian air panas ini pada awalnya tertutup untuk umum namun seiring dengan berjalannya waktu dapat dimanfaatkan untuk umum.

Mitos Pemandian Air Panas Parang Wedang

Menurut cerita Sejarah objek wisata Pemandian air panas Parang wedang digunakan untuk pemandian bagi keluarga para kerabat Keraton Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya tempat ini  jarang dipergunakan dan diputuskan dibuka untuk pemandian yang dibuka untuk umum.  Nama Parangwedang berasal dari kata parang yang berarti karang dan wedang yang berarti air panas. Dari zaman dulu hingga sekarang mata air di Parang Wedang ini tidak pernah berhenti. Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, air Parang Wedang dapat juga menyembuhkan penyakit-penyakit seperti reumatik dan stroke.

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang (Parangwedang) terletak di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Sumber air panas yang dihasilkan mengandung mineral terbesar antara lain Na (natrium), Cl (clorida), dan Mg(magnesium). Nama Parang Wedang berasal dari kata “parang” yang berarti karang dan “wedang” yang berarti air panas.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di kabupaten bantul Pemandian Parang Wedang ini memiliki luas sekitar 1140 m2, memiliki kolam penampungan air panas berukuran 9 m x 8 m, kamar mandi air hangat 6 buah dan kamar mandi air tawar 6 buah.

Akses Menuju Pemandian Air Panas Parang Wedang

Anda berminat untuk mengunjungi tempat wisata pemandian air panas parang wedang? Bisa langsung menuju lokasi yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis, bisa tanya langsung ke masyarakat sekitar karena tempat ini sudah sangat familer di masyarakat lokal. Untuk mengunjungi Lokasi pemandian ini, jika anda dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 30 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Untuk lebih mudah akses menuju pemandian air panas parang wedang silahkan mengikuti arah jalur menuju pantai parangtritis.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Parang Wedang

Bila anda dari sedang mengunjungi tempat wisata Pantai Parangtritis, maka jika anda mau mengunjungi objek wisata pemandian air panas cukup membayar tiket untuk masuk ke kolam sebesar Rp. 4.000,- dan parkir kendaraan, bila menggunakan motor Rp. 2.000, bila menggunakan mobil Rp. 5.000,- (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Tempat wisata Pemandian air panas Parangwedang ini buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 Wib, namun bila pengunjung padat maka hanya sampai pukul 15.00 Wib karena pasokan dari mata air panas yang terbatas sehingga pengunjung dibatasi.
Source https://www.traveluxion.web.id https://www.traveluxion.web.id/objek-wisata-buatan-pemandian-air-panas-parang-wedang/
Comments
Loading...