Obyek Wisata Pemandian Air Panas Kepuhlegundi Gresik

0 160

Sumber Air Panas Kepuhlegundi

Sumber Air Panas Kepuhlegundi merupakan salah satu wisata pemandian air panas, Pemandian Air Panas Kepuhlegundi ini juga dipercaya oleh warga sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Air panas ini mengandung gas furamol yang dapat menghilangkan rasa capek, belerang dan sulfurnya dapat mengurangi kadar darah dalam tubuh dan menghilangkan penyakit kulit.

Sumber Air Panas Kepuhlegundi ini berlokasi di Desa Kepuhlegundi Kecamatan Tambak, Gresik, Jawa Timur. berjarak sekitar 16 kilometer dari pelabuhan Sangkapura. Obyek sumber air panas ini sudah dikelola masyrakat setempat sebagai tempat pemandian, termasuk ramai dikunjungi karena lokasinya mudah dijangkau kendaraan.

Potensi air panas bumi yang ada di Pulau Bawean seringkali dikunjungi secara alamiah oleh masyarakat, karena dijadikan pemandian terapi kesehatan, sehingga kunjungan ini seringkali juga dikenal sebagai istilah natural hot spring. Warga datang berkunjung ke tempat ini tentu saja untuk menikmati sumber mata air panas bumi untuk mandi atau berendam menghangatkan badan. Dengan berendam tentu saja dapat memperoleh beberapa manfaat, salah satu manfaat tersebut yang sangat dipercayai masyarakat Bawean adalah badan menjadi segar kembali dan rasa penat menjadi hilang, selain itu diduga sumber air panas alami mampu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran akan terlepas.

Sumber mata air panas alami umumnya juga diduga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menghilangkan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit kulit. Menurut penjelasan ibu Fitriah, S.P dari hasil analisa yang pernah meneliti kandungan kimia air panas bumi sewaktu menempuh mata kuliah kimia dasar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dikemukakan bahwa sumber air panas bumi mengandung Calsium, Magnesium, Chloride, Sulfat, Thermo dan Mineral, serta Hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi (dengan indeks PH : 2,45). Sementara suhu air panasnya yang berasal dari mata air sekitar 430C – 560 C, sedangkan yang berada dalam kolam kadar temperaturnya mencapai 370C – 450 C.
Source http://www.bawean.net http://www.bawean.net/2013/06/sumber-mata-air-panas-di-pulau-bawean.html
Comments
Loading...