Obyek Wisata Pemandian Air Panas Grao Sakti, Merangin

0 27

Grao Sakti

Grao Sakti merupakan nama geyser yang diberikan warga sekitar. Grao ini berupa air panas yang menyembur keluar dari sela-sela batu besar dengan ketinggian semburannya yang varitif, bisa sampai 15 meter dengan airnya yang jernih. Air panas terus menerus keluar dari bawah batu besar, airnya mengalir ke sungai-sungai kecil yang membentuk sungai air panas, kemudian tertampung dalam kolam alami yang terbentuk di dekatnya.sehingga sangat menarik untuk pemandian. Grao ini menyerupai pulau-pulau kecil yang berbatu dan dikelilingi oleh hutan. Air seakan menari-nari ketinggiannya bisa naik sampai beberapa meter, tatkala terdengar tepukan sang pawang. Itulah sedikit gambaran keunikan air panas di Grao Sakti, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Pada Area sekitar 50 meter persegi di sebelah semburan, terus menerus mengapungkan uap putih berbau belerang.S elain itu di pinggir grao terdapat sungai yang menawarkan sensasi mandi dalam air dua suhu, hangat dan dingin. Air yang hangat mengalir di sebelah hilir grao. Grao ini tidak hanya menarik sebagai obyek dan atraksi wisata, namun juga merupakan sumber enegi panas bumi yang bisa sangat besar manfaatnya bagi kehidupan masyarakat jambi karena berdasarkan pada hasil penelitia nyang penah dilakukan oleh ESDM Merangin ternyata energi panas bumi dari grao Sakti ini bisa menerangi seluruh Provinsi Jambi. Bahkan sebagian juga bisa untuk beberapa provinsi tetangga.

Grao Sakti terletak di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. Masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS). Grao ini cocok dikunjungi oleh mereka yang punya minat padawisata minat khusus “petualangan” karena akses jalan ke Grao ini sangat terbatas. Grao ini dapat dicapai dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dari Desa Tanjung Kasri ke Desa Renah Kemumu. Jalan lainnya adalah jalan setapak dari Desa Lumpur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci ke arah tenggara.

Source http://segerincing.blogspot.com http://segerincing.blogspot.com/2016/03/keindahan-dan-kehangatan-grao-sakti.html
Comments
Loading...