Obyek Wisata Pemandian Air Panas Banyuwedang

0 219

Air Panas Banyuwedang

Air Panas Banyuwedang merupakan salah satu destinasi wisata alam berlokasi di Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Daerah Tingkat II Buleleng, Banyuwedang berjarak sekitar 60 km Singaraja atau140 km dari Denpasar. Anda bisa sampai ke Banyuwedang dari Denpasar melalui Bedugul dna Singaraja hingga tiba di Gilimanuk. And atidak perlu khawatir karena akses ke tempat wisata ini sudah diaspal mulus. Dengan diapit dua tempat wisata, membuat Banyuwedang begitu mudah di akses.

Dari jalan masuk Banyuwedang di sebelah selatan, Banyuwedang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Bali Barat. Sementara itu disebelah utara terdapat wisata Batu Ampar, yakni sebuah daerah dengan tanah berkapur. Di Batu Ampar juga terdapat wisata taman laut yang berada di sekitar Pulau Menjangan.

Layaknya sumber air panas pada umumnya, air panas Banyuwedang juga dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan belerang pada air panas tersebut. Selain itu dengan suhu air yang mencapai 40°C mampu merefresh pikiran agar kembali segar dan menghilangkan pegal. Tak mengherankan jika kemudian tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu di wisata air panas Banyuwedang, beragam pemandangan indah yang menyejukkan mata. Hal ini dikarenakan posisi sumber air panas yang berada di tengah pantai dan di bawah air. Jadi tatkala air laut sedang pasang, maka muncullah sumber air panas ini.

Oleh karenanya dibangunlah bangunan beton dengan bentuk lingkaran untuk mengamankan air panas agar tidak bercampur dengan air laut. Selanjutnya dibuatlah kolam-kolam yang menampung air panas tersebut sehingga pengunjung dapat berendam di sana. Pantainya sendiri memiliki keindahan yang cukup memukau dengan pasir putihnya dan teluk yang menawan. Selain itu jajaran pohon bakau di pantai juga mampu mencegah pantai ini dari abrasi.

Kolam-kolam air panasnya berada di tengah hutan bakau ini. Hal ini cukup wajar, lantaran tanah di sekitar Banyuwedang cukup gersang lantaran tekstur tanahnya yang berkapur dan tak ada aliran sungai. Sehingga kehadiran tanaman bakau ini cukup membantu dan membuat teduh sekitarnya. Apalagi lokasi kolam yang berada di daerah tak apdat penduduk membuat berendma di air panas ini cukup menenangkan. Oleh karenanya, tak salah jika kemudian pemerintah daerah setempat mengembangkan tempat wisata ini menjadi “Health Tourism“.

Source http://www.anythingbali.com http://www.anythingbali.com/air-panas-banyuwedang-sumber-air-panas-di-tengah-pantai/
Comments
Loading...