Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-5aKnjb.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Pantai Pandansari Brebes Jawa Tengah

0 175

Pantai Pandansari

Pantai Pandansari merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Brebes. Ekowisata Pandansari ini mulai dilirik sekitar dua tahun terakhir. Awalnya tempat wisata yang berlokasi di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes ini merupakan daerah tambak warga yang mengalami abrasi sekitar 20 tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, mulai ada inisiatif dari kelompok masyarakat untuk melawan abrasi dengan cara menanam pohon mangrove. Tahun 2012, saya sempat ke Desa Kaliwlingi, memang ada kabar kalau nantinya akan dibuka ekowisata di pesisir kawasan tersebut.

Akses Menuju Pantai Pandansari 

Akses jalan menuju Pantai Pandansari belumlah bagus. Terutama jika musim penghujan, banjir bisa memutus jalan sehingga tidak bisa dilewati. Beruntungnya saya dan teman-teman waktu itu, meskipun susah payah tapi mobil yang kami tumpangi masih bisa melewatinya. Kalau tidak berhati-hati, jalanan tanah yang becek dan lengket bisa menyebabkan ban mobil terperosok.

Sesampainya di Dermaga Pandansari, kami menaiki perahu kecil menuju hutan mangrove. Tampak ibu-ibu penjual yang membawa sayur kangkung mentah, ikut menaiki perahu kami. Katanya sayur itu untuk dimasak di hutan mangrove. Saat itu masih pagi, air laut sedang pasang sehingga perahu hanya bisa berlayar menuju wisata trekking mangrove, tetapi kami tidak bisa ke Pulau Pasir. Sebaliknya, jika air laut sedang surut, kami hanya bisa mengunjungi Pulau Pasir. Biasanya air laut akan surut sekitar pukul 2 siang. Pulau Pasir sebenarnya merupakan pasir yang timbul di tengah laut sehingga membentuk pulau mini.

Harga Tiket Pantai Pandansari 

Wisata Pandansari menawarkan beberapa pilihan objek seperti pulau pasir dan trekking hutan mangrove dengan biaya yang terbilang cukup murah. Awal Desember 2016, kami hanya membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,00. Harga ini sudah termasuk sewa kapal PP dari Dermaga Pandansari. Waktu berkunjung pun tidak dibatasi selama tempat wisata masih dibuka.

Source wisata brebesnews.co
Comments
Loading...