Obyek Wisata Museum Rudana di Ubud, Bali

0 5

Museum Rudana

Museum Rudana merupakan salah satu wisata sejarah yang menampung hasil karya seni rupa dan patung dari sejumlah pelukis ternama. Dengan adanya museum tersebut karya anak bangsa yang memiliki nilai seni tinggi ini tidak akan hilang begitu saja, apalagi sampai berpindah tangan ke kolektor-kolektor asing. Tempatnya masih di seputaran objek wisata Ubud, sehingga bisa dengan mudah untuk diakses.

   

Koleksi di Museum Rudana

Museum ini memang layak untuk dikunjungi saat menyusun agenda tour di Bali, apalagi koleksi seni patung dan lukisan yang dimilikinya dikoleksi dari pelukis-pelukis terkenal bahkan diakui oleh dunia internasional, beberapa diantaranya adalah hasil karya Affandi, I Gusti Nyoman Lempad, Arie Smit, Antonio Blanco, Sunaryo Sutono, Basuki Abdullah dan Srihadi Soedarsono.

Termasuk hasil karya Nyoman Rudana, kegemaran melukis dan sebagai kolektor lukisan menjadikan Museum Rudana tetap eksis dan mengembangkan galery seninya seperti Genta Fine Art Gallery dan Rudana Fine Art Gallery. Koleksi benda seni yang ada di Museum tersebut dikumpulkan oleh Nyoman Rudana dan Ni Wayan Olasthini. Barang-barang seni yang melimpah ini tertata dan terpelihara dengan baik, kemudian disajikan untuk bisa dinikmati oleh semua orang. Apakah anda pecinta seni, wisata dan berkunjunglah ke Museum Rudana.

Lokasi Museum Rudana

Alamatnya di Jln. Cok Rai Pundak/ nomer 44, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kab. Gianyar, Bali. Jika anda sewa mobil di Bali, perjalanan dari arah bandara butuh waktu sekitar 60 menit. kalau anda mengunjungi objek wisata lainnya dalam perjalanan anda butuh waktu lebih lama, karena beberapa tempat menarik bisa anda kunjungi sebelum tiba di tujuan seperti; desa Batubulan tempat pementasan tari Barong dan kerajinan Batik, ada Celuk dan desa Mas sebagai desa pengrajin.

Tapi seandainya ikut paket tour anda bisa menghabiskan waktu sehari penuh termasuk mengunjungi Kintamani, Goa gajah, Tampaksiring dan juga monkey forest Padang Tegal – Ubud. Tidak jauh dari sini wisatawan bisa juga mengikuti rekreasi arung jeram, rafting di Sungai Ayung.

Bangunan di Museum Rudana

Museum yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995 ini dibangun di atas lahan 500 meter persegi, didesain apik menyatukan unsur modern dengan tradisional, dikelilingi oleh taman-taman indah, sehingga pengunjung menjadi lebih betah. Bangunan Museum dibangun berlantai 3, berkonsep dengan filosofi Tri Angga (tiga bagian tubuh) seperti Kaki, Badan dan Kepala atau bisa disebut juga sebagai konsep Tri Mandala (tiga halaman) yaitu luar, dalam dan utama.

Pada lantai pertama, pengunjung bisa menyaksikan berbagai keindahan lukisan klasik khas Bali, pada lantai dua dipajang hasil seni pelukis ternama Indonesia maupun dari luar negeri. Di lantai tiga bisa ditemukan lukisan tradisional, hasil karya seniman Ubud dan juga Batuan. Museum Rudana memiliki areal parkir, toilet, galeri, coffee shop dan pendopo. Buka setiap hari dari pkl 08.00-17.00 kecuali hari raya besar. Ajak serta keluarga dan rekan untuk menikmati wisata seni di Bali.

Source http://www.balitoursclub.com http://www.balitoursclub.com/berita_429_Museum_Rudana_Ubud.html
Comments
Loading...