Obyek Wisata Museum Reksa Artha di Jakarta Selatan

0 15

Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha adalah salah satu museum di Indonesia yang jarang dikunjungi. Oleh karena itu, museum ini sering tutup sehingga pengunjung harus membuat perjanjian sebelumnya jika ingin mengunjunginya. Mencari museum ini memang susah-susah gampang. Walaupun lokasinya di pinggir jalan, keberadaanya nyaris tak dikenali karena bangunannya yang tidak terawat. Untuk itu jika Anda ingin bertandang ke tempat ini agar lebih jeli mencarinya.

Lokasi Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha terletak di Jalan Lebak Bulus No. 1, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk menjangkaunya dapat menggunakan bus Transjakarta koridor 8 jurusan Lebak Bulus – Harmoni dan turun di halte Lebak Bulus.

Koleksi Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha memiliki koleksi barang-barang bersejarah yang berhubungan dengan percetakan rupiah Indonesia. Uang yang didokumentasikan bukanlah uang yang seperti saat ini beredar di tengah masyarakat, melainkan uang ketika zaman kemerdekaan hingga masa orde baru. Pada zaman kemerdekaan, uang itu bernama Oeang Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan ORI. ORI inilah yang menjadi saksi sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemapanan ekonomi sekaligus menggugurkan tiga mata uang yang beredar sebelumnya, yaitu mata uang Jepang, mata uang de Javasche Bank, dan mata uang Belanda (NICA).

Selain koleksi uang ORI, Museum Reksa Artha juga menyimpan berbagai macam alat berat yang digunakan untuk mencetak rupiah, seperti mesin pencetak uang, mesin potong, alat repro buatan Inggris, timbangan uang logam dan mesin giling plat uang logam. Selain itu, ada juga hasil karya yang berupa bukan uang diantaranya adalah stempel uang, buku tabungan, paspor, pita cukai, materai, sertifikat tanah, dokumen sekuriti dan lukisan hasil imajinasi para pejuang yang menempel di dinding mengelilingi museum.

Museum Reksa Artha dibangun oleh Bapak H. Wahyu Hagono. Beliau adalah Direktur Utama Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) pada tanggal 15 Desember 1987. Museum ini lalu diresmikan pada 30 Januari 1989. Bagi yang tertarik dengan sejarah uang Negara Indonesia, Museum Reksa Artha adalah tempat yang memuaskan rasa ingin tahu. Selain menyimpan peralatan kuno pembuatan uang, museum ini juga menyimpan foto-foto yang menceritakan beratnya perjuangan percetakan ORI (Oeang Republik Indonesia) untuk mempertahankan kedaulatan ekonomi pada awal kemerdekaan RI.
Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/jakarta-selatan/museum-reksa-artha-saksi-sejarah-yang-nyaris-tak-dikenali/
Comments
Loading...