Obyek Wisata Museum Radya Pustaka Solo Jawa Tengah

0 162

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka Surakarta merupakan museum tertua di Indonesia. Museum ini memiliki berbagai macam sejarah dan dapat membantu kita membuka mata. Selain jalan-jalan melepas kepenatan, kita juga bisa menggali sejarah melalui museum ini. Dibangun pada masa pemerintahan Pakubowono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV didalem kepatihan pada tanggal 28 Oktober 1890.

Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Museum ini lalu dipindahkan ke lokasinya sekarang ini yaitu di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, pada 1 Januari 1913. Saat itu gedung museum merupakan rumah kediaman seorang warga Belanda bernama Johannes Busselaar. Ada banyak koleksi yang terdapat di museum ini diantaranya berbagai macam patung, baju adat, wayang kulit, buku dan foto kuno, gamelan dan lainnya.

Koleksi Terkenal Museum Radya Pustaka

Museum Radya pustaka di Solo memiliki sejumlah koleksi yang sudah terkenal di kalangan sejarawan. Diantara koleksi terkenal ini diantaranya adalah berupa buku kuno karangan Pakubuwono IV berjudul Wulang Reh yang berisi tentang petunjuk pemerintahan. Kemudian ada juga buku berjudul Serat Rama karangan Pujangga Keraton Surakarta yaitu Yasadipura I yang bercerita tentang Wiracarita Ramayana. Selain berupa buku ada juga koleksi terkenal berupa patung, yaitu patung Kyai Rajamala. Patung ini berupa patung kepala raksasa yang terbuat dari kayu hasil karya Pakubuwono V sendiri. Patung ini sangatlah bersejarah karena patung ini merupakan hiasan depan sebuah perahu yang dipakai untuk menjemput permaisuri yang berasal dari Madura.

Lokasi Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka berada di Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275 Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57141
Telp: +62 271 712306
Email: [email protected]

Jam Buka Museum Radya Pustaka

Museum Radya pustaka buka dari hari Selasa sampai Minggu
Senin: LIBUR
Selasa – Minggu: 08.30 – 14.00 WIB
Khusus hari Jum’at: 08.30 – 11.30 WIB
Tiket masuk Museum Radya pustaka Solo Reguler: Rp 5.000,00

 

Source wisata surakarta
Comments
Loading...