Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-UQ3xPJ.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Museum Perjuangan Bogor Jawa Barat

0 517

Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor merupakan salah satu wisata museum yang menyimpan koleksi berbagai benda bersejarah dan cerita perjuangan pahlawan, khususnya di Bogor. Museum Perjuangan Bogor seakan-akan tenggelam di tengah hiruk-pikuk keramaian lalu lintas dan aktivitas masyarakat sehari-hari.

Lokasi Museum Perjuangan Bogor

Namun museum yang terletak di Jalan Merdeka nomor 56, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut merupakan tempat penting dan tidak lepas dari perjalanan sejarah Indonesia, khususnya sejarah perjuangan di Kota Bogor. Di museum inilah kita dapat menikmati suasana masa lalu sekaligus belajar dan menambah pengetahuan mengenai selintas sejarah perjuangan para pahlawan di Kota Bogor.

Peresmian Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor diresmikan 10 November 1957 melalui musyawarah para tokoh Pejuang Karesidenan Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Depok. Pendirian museum dimaksudkan untuk mewariskan semangat dan jiwa juang serta nilai juang kepada generasi muda. Gedung yang digunakan sebagai museum, sebelumnya adalah milik pengusaha Belanda bernama Wilhelm Gustaf Wissner.

Koleksi Museum Museum Perjuangan Bogor

Museum pejuangan memiliki 2 lantai. Lantai pertama terdiri atas macam-macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan, juga terdapat senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris, mata uang serta  dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya. Lantai kedua juga terdapat beberapa mesin ketik, telepon yang digunakan saat itu. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi mesin jahit dan pakaian pejuang yang sebagian di antaranya memiliki noda darah asli.

Akses Menuju Museum Perjuangan Bogor

Museum ini terletak di Jl. Merdeka No 56, Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah, Bogor Jawa Barat. Akses ke lokasi ini terbilang cukup mudah. Dari Stasiun Kereta Bogor, Anda dapat menuju ke lokasi ini hanya dengan berjalan kaki karena lokasi museum ini terbilang dekat dengan stasuin kereta api dengan jarak yang akan anda tempuh sekitar 100 meter. Dari terminal Baranagsiang, Anda bisa menaiki angkot merah dengan no 03. Kemudian turun dipersimpangan Jembatan merah dan dari situ anda dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju lokasi museum. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat mencari akses jalan yang lebih mudah misal melalui jalan Merdeka atau juga bisa melauli Jalan Kapten Muslihat. Untuk tempat parkir, di museum ini terbilang cukup sempit untuk lokasi parkir.

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Bogor

Harga tiket yang ditawarkan di lokasi wisata bersejarah ini tebilang cukup murah, pengunjung hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 5000 per orang. Biaya yang termasuk sangat murah ini pungunjung sudah bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sejarah Bangsa Indonesia ini.

Source wisata
Comments
Loading...