Obyek Wisata Museum Penerangan Di Kota Cipayung

0 32

Museum Penerangan

Museum Penerangan ini merupakan salah satu wisata sejarah yang dibangun di lingkungan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dengan menempati area seluas 10.850 meter persegi dan luas bangunanannya 3.980 meter persegi. Pembangunan ini atas prakarsa dari Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 20 April 1993 oleh Presiden Soeharto. Bentuk bangunan berupa bintang bersudut lima sebagai lambang Pancasila dan lima penyangga unsur penerangan. Museum ini berada di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560.

Pada bagian depan museum saat kita masuk halaman akan menjumpai tugu yang menyangga lambang penerangan “api nan tak kunjung padam” yang dikelilingi oleh patung juru penerang sebanyak lima buah serta air mancur. Pertemuan antara air dari atas tugu dengan air yang memancar dari bawah menjadi lambang hubungan timbal balik antara pemerintah, masyarakat dan media masa. Bangunan terdiri atas tiga lantai yang menggambarkan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Puncak gedung berbentuk silinder juga bermakna dan mencitrakan kenthongan sebagai bentuk penerangan tradisional sedangkan penyangga menara antena sebagai bentuk penerangan modern.

Koleksi Ke 1 di Museum Penerangan

Koleksi museum yang dapat kita saksikan adalah benda-benda yang memiliki nilai sejarah informasi dan komunikasi dari film, radio, televisi, media tatap muka, media tradisional, serta perkembangan media pers dan grafika. Sebanyak 17 patung setengah badan beberapa tokoh informasi dan komunikasi juga menjadi koleksi Museum Penerangan.

Empat Diorama kecil ikut melengkapi yang menggambarkan penerangan dibidang “Pependes”, pencerdasan kehidupan bangsa, penanggulan bencana alam dan klompencapir. Koleksi lain berupa mesin ketik huruf Jawa yang digunakan sejak tahun 1917 oleh Kraton Surakarta, kamera perekam cabinet RI pertama, Radio Oemoem tahun 1040 dan lain sebagainya. Sarana pendukung di lantai satu adalah perpustakaan dan teater mini dengan daya tampung 60 orang sebagai media informasi secara audio visual dan pemutaran film dokumenter.

Koleksi Ke 2 di Museum Penerangan

Pada lantai 2 kita akan menjumpai relief sepanjang 100 meter dan lebar 1,5 meter yang menggambarkan sejarah penerangan Indonesia selama 5 periode. Tujuh diorama memberikan gambaran kegiatan penerangan dalam membangkitkan nasionalisme, menyatukan bangsa dan mengisi kemerdekaan, termasuk percetakan koran Retno Dhoemilah. Koleksi lain berupa lukisan wajah Dr. Wahidin Soedirohusodo karya Sumidjo dengan ukuran 8 x 7 meter yang mendapatkan rekor MURI sebagai lukisan terbesar.

Akses Menuju Museum Penerangan

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan bus Transjakarta koridor 10 jurusan Tanjung Priok – Cililitan dan turun di Pusat Grosir Cililitan. Kemudian dilanjutkan dengan angkutan kota T02 berhenti di depan pintu masuk TMII. Jika Anda neiak Transjakarta koridor 9 jurusan Pinang-ranti Pluit, maka bisa turun di dekat Tamini Square.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/jakarta-timur/museum-penerangan-media-informasi-masyarakat/
Comments
Loading...