Obyek Wisata Museum Pendet di Gianyar

0 36

Museum Pendet

Museum Pendet ialah salah satu museum yang berada di Desa Nyuh Kuning, Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali –Indonesia. Yang merupakan warisan budaya masyarakat Gianyar. Tabanan tak hanya terkenal dengan objek wisata alamnya saja, namun juga sangat kaya aspek budayanya. Museum ini dipandang mencerminkan sebuah nilai yang luhur terkait dengan historis yang tinggi. Didalamnya terdapat berbagai koleksi hasil karya seni lukis dan patung yang merupakan buah karya agung seniman Bali ternama Wayan Pendet.

Wayan Pendet telah menghasilkan lebih kurang 80 karya patung dan 29 buah lukisan. Wayan Pendet dikenal sebagai seniman yang menyandang predikat sebagai pematung  sekaligus pelukis ulung yang karya-karyanya banyak dikagumi oleh orang lain baik seniman maupun orang awam sekalipun. Mengapa patung dan lukisan? Karena, menurutnya antara patung dan lukisan memiliki hubungan yang sangat erat, dimana objek-objek lukisan Wayan Pendet ialah patung-patung hasil karyanya sendiri.

Patung-patung Pendet tak hanya memiliki nilai estika yang tinggi namun juga memiliki ciri khas dalam bentuknya sehingga mengundang senyum bagi siapapun yang melihatnya seperti: Patung Cak yang tingginya sekitar 2,5 meter yang menggambarkan kerumunan penari kecak yang tumpang tindih dengan gerak jenaka. Ada juga patung Garuda setinggi 80 cm dengan mimik menoleh dan bentuk sayap rileks berbeda dengan dari patung Garuda lainnya yang kaku menatap kedepan.

Museum Pendet terbagi menjadi dua ruangan. Di ruang pertama terdapat koleksi hasil karya putra sulung Wayan Pendet yang bernama Wayan Gunasta berupa lukisan atau sketsa-sketsa bernuansa humor, kemudian diruang kedua terdapat patung-patung dan lukisan karya Wayan Pendet. Museum Pendet dibuka oleh pelukis kenamaan Ida Bagus Made pada taanggal 14 April 1999 dan diresmikan oleh Bupati Gianyar Tjok Gede Budi Setiawan pada 22 Desember tahun 2002 dan secara resmi disebut The Home and studio of the late artist Ida Bagus Made.

Source http://bali.panduanwisata.id http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/museum-pendet-gianyar/
Comments
Loading...