Obyek Wisata Museum Komodo di Jakarta

0 71

Museum Komodo

Museum Komodo merupakan salah satu wisata sejarah yang dibangun mulai tanggal 1 Oktober 1975 sampai dengan 1 Juli 1976 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1978 oleh Presiden Soeharto. Dengan menempati lahan seluas 10.120 meter persegi dengan luas bangunan 1.500 meter persegi museum ini bertemakan dunia satwa Indonesia. Dengan arsitektur bangunan berbentuk Komodo membuat tempat ini mudah dicari. Bentuk satwa Indonesia yang dipamerkan sebagian berbentuk awetan dan sebagian satwa hidup.

Lebih dari 150 jenis satwa awetan yang dikoleksi museum ini.  Masing-masing diletakkan dalam ruang kaca. Penyajian jenis satwa dalam pameran tersebut di bedakan berdasarkan kelompok persebarannya yakni dari barat ke timur yang menunjukkan persebaran dari Sumatera hingga Papua. Juga dikelompokkan berdasarkan habitatnya yakni dari pantai hingga gunung. Bangunan pertama menyajikan berbagai koleksi binatang mamalia, serangga dan reptilian lengkap dengan kondisi lingkungan alamnya.

Diantara jenis satwa tersebut ada harimau, gajah dan beruang untuk mengingatkan bahwa  jenis satwa tersebut jika tidak di lindungi maka akan cepat punah. Pada bagian lain terdapat vitrin-vitrin yang berisikan beraneka ragam kupu-kupu pada bagian barat hingga bagian timur. Kemudian ada berbagai jenis keong dan kerang, kepiting serta udang di tampilkan sebagai bukti kekayaan fauna laut bangsa ini. Di sudut lain terdapat beberapa binatang beruas satu yang dipamerkan seperti kaki seribu, laba-laba dan kalajengking.

Pada lantai dua berbagai jenis burung yang sudah diawetkan dengan cara di offset ditata menurut habitatnya. Ada yang hidup di pantai, rawa, persawahan,  lapangan, perkebunan, laut, rimba, hutan dan pegunungan, sedangkan untuk daerah asal terdapat dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pada tanggal 20 April 2001 Museum Komodo di tambah dengan taman reptilian yang menyajikan beberapa jenis satwa reptil diantaranya komodo, biawak, buaya, kadal, kura-kura buaya, kodok, kura-kura leher ular, penyu, iguana, ular berkaki, king cobra, ular sanca serta binatang reptile lainnya. Di tempat ini tersedia taman sentuh sehingga para pengunjung bebas untuk memegang, bercengkerama dan juga foto bersama.

Museum Komodo ini berada di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820. Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan bus Transjakarta koridor 10 jurusan Tanjung Priok – Cililitan dan turun di Pusat Grosir Cililitan. Kemudian dilanjutkan dengan angkutan kota T02 berhenti di depan pintu masuk TMII. Jika Anda neiak Transjakarta koridor 9 jurusan Pinang-ranti Pluit, maka bisa turun di dekat Tamini Square.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/jakarta-timur/museum-komodo-mempelajari-fauna-indonesia/
Comments
Loading...