Obyek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang Jawa Tengah

0 227

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu wisata museum yang memiliki banyak koleksi kelengkapan kereta api yang pernah memiliki kejayaan di masa dulu, masa jaman penjajahan. Namun seiring dengan perkembangan waktu serta teknologi Museum Kereta Api Ambarawa dialih fungsikan menjadi sebuah museum yang menjadi salah satu wisata sejarah, Museum ini berada di Jalan. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614.

Koleksi Museum Kereta Api Ambarawa

Di museum ini terdapat kereta api uap bergerigi yang sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga kereta api uap yang tersisa di seluruh dunia. Sedangkan dua diantaranya ada di Negara India dan Swiss. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor seri B 2502 dan B 2503 yang di buat oleh Maschinenfabriek Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG yang berada di museum ini sampai sekarang masih berfungsi dan dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Selain berbagai macam koleksi-koleksi unik tadi, di Museum Kereta Api ini juga  masih terdapat  berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) di halaman museum.

Harga Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa juga menyediakan Ambarawa Railway Mountain Tour, dari Ambarawa ke Bedono memakai Lokomotif Uap B2503 jalur rel khusus gunung. Jarak 35 km ditempuh 1 jam dengan pemandangan lembah Ungaran dan Merbabu. Anda harus memesan sebulan sebelumnya saat musim padat antara Mei – Agustus, dengan membayar Rp. 3.000.

Hasil gambar untuk museum ambarawa

Akses Menuju Museum Kereta Api Ambarawa

Keunikan tak akan pernah ditemukan di stasiun kereta api lainnya, kereta wisata dengan jurusan Ambarawa – Bedono pp  atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ambarawa Railway Mountain Tour ini berjalan dari Ambarawa menuju stasiun kereta api Bedono dengan jarak tempuh 35 km dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di stasiun. Kereta ini melaju melewati rel bergerigi yang tidak pernah bisa ditemukan dimanapun kecuali hanya disini dan di Sawahlunto. Panorama keindahan alam, lembah yang hijau diantara gunung ungaran dan gunung merbabu menjadi pemandangan yang sangat indah dan mempesona.

Source Obyek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang Jawa Tengah tiket com
Comments
Loading...