Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-rnau8p.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Museum Gunung Merapi di Sleman Yogyakarta

0 147

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu wisata museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunung api dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Museum Gunung Merapi ini terbagi menjadi dua lantai. Memasuki lantai pertama, wisatawan langsung disambut dengan maket Gunung Merapi berukuran besar yang bergemuruh serta mengeluarkan asap. Di salah satu sisi terdapat tombol tahun yang merupakan tahun erupsi. Jika salah satu tombol ditekan maka akan ada peragaan erupsi berupa simulasi lelehan lava pijar serta narasi dengan background musik jawa.

Dari ruang utama ini wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju zona dunia gunung api. Di zona ini terdapat dokumentasi dan alat peraga mengenai fenomena kegunungapian yang ada di seluruh dunia. Pada tiap-tiap peraga terdapat papan informasi dalam dua bahasa sehingga memudahkan wisatawan untuk memahaminya meski tidak didampingi guide. Setelah itu ada zona khusus Gunung Merapi yang berisikan tentang seluk beluk Merapi. Di zona ini wisatawan bisa menyaksikan fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi, mitos seputar Gunung Merapi, pos pengamatan Gunung Merapi dari era Belanda hingga era modern, dan masih banyak lagi.

Puas menyusuri lantai satu, wisatawan bisa naik ke lantai 2 untuk menyaksikan alat peraga terjadinya tsunami dan foto-foto erupsi. Wisatawan bisa menyaksikan dokumentasi erupsi Merapi dari tahun 1930 hingga tahun 2010. Tak hanya itu, di zona tersebut juga ditunjukkan bagaimana caranya menyelamatkan diri dari ancaman bahaya gunung api yang meletus. Oleh karena itu, tampaknya cukup wajar dan tidak berlebihan jika MGM dijadikan sebagai wahana pendidikan mitigasi untuk menekan jumlah korban jiwa. Di lantai dua ini juga terdapat teater mini dengan kapasitas 100 orang yang menayangkan film dokumenter berdurasi 20 menit “Di Bawah Langit Merapi”.

Akses Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi berjarak sekitar 5 km dari obyek wisata Kaliurang, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY. Dari Yogyakarta silakan ikuti Jalan Kaliurang. Sesampainya di Oasis Crisis Center belok kiri mengikuti jalan masuk menuju obyek wisata Kaliurang dari sebelah barat. Museum Gunung Merapi terletak di kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi buka tiap hari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 15.30 WIB. Seperti rata-rata museum di Yogyakarta, museum ini tutup pada hari Senin. Harga tiket museum adalah Rp 3.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menyaksikan film di teater mini wajib membayar biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang.

Source https://www.njogja.co.id https://www.njogja.co.id/museum-dan-monumen/museum-gunung-merapi-tempat-belajar-tentang-gunung-teraktif-di-dunia/
Comments
Loading...