Obyek Wisata Museum Batik Kuno Danarhadi Solo

0 200

Museum Batik Kuno Danarhadi

Museum Batik Kuno Danarhadi merupakan salah satu destinasi yang bisa Anda tuju adalah House of Danar Hadi yang berada di Surakarta. Sebuah komplek wisata budaya di Jl Brig. Jen. Slamet Riyadi No. 261, Kota Solo, yang akan membuat Anda terpesona akan keindahan kain tradisi Indonesia, batik.

Museum Batik Kuno Danar Hadi memamerkan 600 lembar kain batik yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh pemilik museum ini yang diletakkan di bagian depan museum. Seperti namanya, museum ini menawarkan wisata seni batik yang berhasil dikumpulkan oleh pemiliknya dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, museum ini juga memamerkan koleksi special kuni dengan motif unik yang dibuat dari cerita rakyat atau legenda. Salah satunya adalah batik Snow White yang menceritakan kisah tentang Snow White. Batik ini didesain oleh seorang wanita berdarah Indo-Belanda pada pertengahan abad ke-19.

Lokasi Museum Batik Kuno Danarhadi

Lokasi Museum Batik Kuno Danarhadi berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Surakarta, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141.

Koleksi Museum Batik Kuno Danarhadi

Adapun batik yang dipamerkan di Danarhadi ialah seperti batik berikut:

  • Batik Belanda.
  • Batik Keraton yang menjadi maskot kota Solo sendiri serta batik keraton dari daerah lain, misalnya Jogjakarta, Mangkunegaran atau Pakualaman. Sebenarnya motif atau corak yang dimiliki masing-masing batik keraton tersebut hampir sama namun yang membuat beda ialah bagaimana cara pemakaian dari beragam batik tersebut.
  • Serta Tiga Negeri dan masih banyak yang lainnya.

Harga Tiket Museum Batik Kuno Danarhadi

Museum Batik Kuno Danar Hadi dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai 16.30 sore waktu setempat dengan biaya tiket seharga Rp. 35.000,- untuk pengunjung asing, Rp. 25.000,- untuk pengunjung domestik, dan Rp. 15.000,- untuk pelajar.

Source wisata surakarta
Comments
Loading...