Obyek Wisata Monumen Tugu Yogyakarta

0 166

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta merupakan symbolik kota Yogyakarta. Sebagai cirikhas kota Yogyakarta bangunan ini mempunyai sejarah yang panjang dan menarik. Tugu ini merupakan sebuah bangunan monumen bersejarah yang terletak  tepat di tengah perempatan antara Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan A.M. Sangaji serta Jalan Diponegoro dan sudah berusia hampir tiga abad. Selain sebagai simbol dari kota Yogyakarta, tugu ini juga mempunyai satu poros imajiner antara Laut Selatan, Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi.

Sejarah Tugu Yogyakarta

Menurut sejarah Tugu Yogyakarta dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Pada awalnya, tugu ini berbentuk Golong-Gilig dan mempunyai tinggi mencapai 25 meter, dimana tiang dari tugu ini berbentuk Gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk Golong (bulat), sehingga pada masa itu tugu ini disebut dengan nama Tugu Golong-Gilig. Pada awal dibangunnya tugu ini mempunyai makna Manunggaling Kawula Gusti yang menggambarkan semangat persatuan antara rakyat dan penguasa dalam melawan penjajah. Namun di sisi lain juga bisa bermakna sebagai hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta.

Lokasi Tugu Yogyakarta

Tugu Jogja ini terletak di tengah perempatan Jl. Pangeran Mangkubumi – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. AM.Sangaji dan Jl. Pangeran Diponegoro.

Akses Menuju Tugu Yogyakarta

Daerah Tugu Jogjja sangat mudah untuuk diakses karena letaknya sangat strategis yaitu pada tengah perempatan jalan yaitu Jl. Pangeran Mangkubumi ( Selatan ), Jl.’ Jenderal Sudirman ( Timur ), Jl. AM. Sangaji ( Utara ) dan Jl. Pengeran Diponegoro ( Barat ).

Harga Tiket Tugu Yogyakarta

Untuk anda yang ingin melihat Tugu Jogja, tidak dikenakan biaya sama sekali karena letaknya yang berada pada public area jadi siapa saja boleh melihat atau memegang tugu tersebut. Tetapi pada siang hari kita akan sulit untuk mendekatinya karena arus lalu lintas yang sangat ramai, lain halnya bila kita sempatkan waktu pada larut malam hari untuk mengamati lebih dekat akan cukup jelas karena diterangi dengan lampu yang cukup terang.

Fasilitas Tugu Yogyakarta

Fasilitas yang terdapat disekitar tempat itu lumayan lengkap seperti terdapatnya bangku taman yang berada di Jl. Pangeran Mangkubumi, pos penjagaan Polisi, pertokoan, nasi gudeg, dan becak yang ngetem di sekitar jalur parkir kendaraan.

Source https://www.njogja.co.id https://www.njogja.co.id/sleman/tugu-jogja/
Comments
Loading...