Obyek Wisata Monumen Kujang Bogor Jawa Tengah

0 244

Tugu Kujang

Tugu Kujang adalah salah satu wisata monumen yang merupakan simbol kota Bogor. Tempat berdirinya tugu ini merupakan pertemuan antara jalan Pajajaran dan Otto Iskandardinata. Bila anda memasuki Bogor dari  tol Jagorawi maka posisi tugu Kujang berada di sebelah kanan. Jaraknya dari ujung Jagorawi sekitar 250 meter. Tugu Kujang ini berada di Jalan Raya Pajajaran No.1A, Baranangsiang, Bogor Timur, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

Postur tugu Kujang menjulang ke atas setinggi kurang lebih 25meter. Lahan dimana tugu berdiri berbentuk segitiga. Posisinya berada persis di depan Botani Square atau di sebelah outlet Kentucky Fried Chicken dan Kebun Raya Bogor. Tugu ini kalau dihitung dari umurnya belum memilik sejarah yang panjang. Sang simbol kota Bogor ini dibangun pada tahun 1982 pada masa pemerintahan walikota Ahmad Sobana dan menghabiskan dana saat itu sekitar 80 juta rupiah. Jadi baru berusia 33 tahun saat tulisan ini ditulis.

Tugu Kujang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah bagian badan tugu berbentuk obelisk yang ujungnya terpotong. Bagian atas terdapat sebuah ornamen berbentuk senjata klasik masyarakat Sunda, yaitu Kujang. Ornamen Kujang sendiri terbuat dari baja anti karat berukuran 7 M dan seberat kurang lebih 800 kilogram. Pada saat pemasangan ornamen, mengingat ukuran dan beratnya, serta ketinggian tugu, diperlukan bantuan helikopter dari Lapangan Udara Atang Sanjaya Bogor.

Sejarah Tugu Kujang

Nama kujang ini berasal sari nama sebuah senjata pusaka tradisional dari etnis Sunda yang konon memiliki keistimewaan tersedniri dan juga memiliki kekuatan gaib. Sejak zaman Kerajaan Pajajaran yaitu sekitar abad ke 14, pusaka kujang ini sudah dikenal oleh masyarakat Sunda yang memiliki fungsi sebagai peralatan pertanian. Sehingga pusaka ini tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sunda tersebut terutama pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Masyarakat luas khususnya daerah Jawa Barat lebih mengenal dengan nama Pusaka Prabu Siliwangi.

Akses Menuju Tugu Kujang

  • Apabila anda dari Stasiun Bogor anda dapat naik angkot berwarna merah No. 03, kemudian anda  turun di Botani Square.
  • Jika anda dari terminal Baranangsiang, anda dapat berjalan kaki menuju Tugu Kujang karena jarak dari terminal Baranangsiang dengan Tugu Kujang terbilang sangat dekat.
Source wisata hello semarang
Comments
Loading...