Obyek Wisata Monumen Ketenangan Jiwa Semarang Jawa Tengah

0 175

Monumen Ketenangan Jiwa

Monumen Ketenangan Jiwa atau dikenal Japanese Memorial Park akan dijadikan destinasi wisata di Kota Semarang. Monumen tersebut dibangun untuk mengenang tentara Jepang yang tewas saat peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang. Sebagai salah satu kota besar yang telah berusia ratusan tahun, Semarang memiliki banyak peninggalan sejarah dari berbagai suku dan bangsa. Tak terkecuali peninggalan dari negeri matahari terbit, Jepang, yakni berupa Monumen Ketenangan Jiwa atau dalam bahasa Jepang disebut Chinkon no Hi (鎮魂の碑).

Lokasi Monumen Ketenangan Jiwa

Monumen Ketenangan Jiwa terletak di area Pantai Baruna, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Akses Menuju Monumen Ketenangan Jiwa

Jalan masuk ke area pantai ini terletak di jalan Arteri Pelabuhan – Bandara, tepat di sebelah kiri perempatan pertama setelah perempatan puri Anjasmoro. Jalan masuk ke pantai masih jalan tanah yang cukup menyusahkan. Pantai akan susah untuk dimasuki sehabis hujan, karena jalan tanah akan berubah menjadi lumpur yang akan menghambat kendaraan.

Sesuai dengan namanya, suasana yang sangat tenang menyambut saya ketika berkunjung ke sini. Sejenak melepas rasa penat hiruk pikuk dan panasnya perkotaan. Sepi dan sunyi, hanya ada hembusan angin dan sayup-sayup suara deburan ombak di kejauhan yang terasa menenangkan.

Rute Menuju Monumen Ketenangan Jiwa

Menuju monumen ini: masuk sampai mentok ketemu pertemuan Banjirkanal Barat dan Laut Jawa, terus belok kiri (ke selatan) sekitar 100 meter, monumen persis di pinggir Banjirkanal. Satu-satunya yang pavingan di situ. Tempat ini mungkin bukan tempat wisata yang terkenal, namun tetap memiliki pesona tersendiri. Keindahan yang tampak berbeda membuatnya menjadi sesuatu yang berkesan.

Sensasi bertualang Ala Game RPG

Untuk mencapai lokasi monumen ini, kamu akan merasakan sensasi seperti sebuah misi bertualang ala game RPG. Hal ini karena jalannya yang masih berupa tanah dan banyak terdapat padang rumput/semak-semak di sekitarnya. Jalannya pun berbelok-belok yang bisa membuat tersesat jika salah ambil belokan. Selain itu, adanya bangunan yang mirip guild semakin menambah kesan sedang berada dalam game RPG. Jika beruntung, mungkin kamu bisa mendapatkan item langka untuk misi di sini.

Source Obyek Wisata Monumen Ketenangan Jiwa Semarang Jawa Tengah tribun jateng
Comments
Loading...