Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-ym6LzY.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Mata Air Cipelang Sumedang

0 405

Mata Air Cipelang Sumedang merupakan salah satu tempat wisata alam  yang biasa disebut Sirah Cipelang ini memang masih alami dan mulai terkenal di kalangan wisatawan. Informasi seputar tempat ini menjadi magnet para wisatawan untuk mengunjunginya. Mata Air Cipelang Sumedang yang masih alami ini berada di lereng Gunung Tampomas, Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Di tempat tersebut terdapat mata air yang airnya sangat jernih, dan hidup beberapa ikan besar dan kecil. Mata air ini mempunyai kedalaman sekitar dua meter dan dan bagian hilirnya dibuat penampungan sekitar 10 meter. Mata air tersebut tertampung dalam sebuah kolam kecil seperti kolam renang mini yang sering digunakan warga untuk keperluan mandi dan mencuci. Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah mata air. Mata air yang berada di tempat ini keluar dari sebuah bukit kecil diantara rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar mata air ini.

Untuk bisa sampai di Mata Air Cipelang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan pun sudah bagus meskipun ada jalan yang berlubang atau bergelombang di beberapa titik. Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, kembali arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Conggeang, Desa Cipamekar. Kurang lebih sekitar 3 km dari Pertigaan Legok menuju Desa Cipamekar.

Patokan yang paling mudah ada dengan mengunjungi Bank BRI yang berada di Desa Cipamekar. Gapura Desa Cipamekar berada di samping Bank BRI Cipamekar. Tak jauh dari Bank BRI tersebut terdapat Alfamart yang bisa kamu datangi untuk membeli makanan dan minuman sebagai teman traveling. Berikut adalah rute singkat apabila bertolak dari Kota Bandung ; Kota Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN, ITB & UNPAD) – Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makan Cut Nyak Dien) – Perempatan Cimalaka – Pertigaan Legok – Kecamatan Conggeang – Desa Cipamekar – Bank BRI Cipamekar.

Comments
Loading...