Obyek Wisata Mata Air Aqua Cipondok Subang

0 357

Mata Air Cipondok Subang merupakan salah satu wisata alam yang ada di Subang. Mata Air Aqua Cipondok Subang ini memang adalah sebuah pemandian dengan sumber air alami dari pegunungan. Sumber air tersebut benar-benar menyuplai air dengan tingkat kejernihan sangat tinggi. Tentu saking jernihnya air sumber tersebut hingga membuat pemandian ini dasarnya bisa dilihat dari atas. Tak hanya itu, jika anda berenang di Mata Air Cipondok Subang ini maka anda bisa sekalian berfoto-foto dibawah air karena lensa kamera mampu menangkap gambar dengan baik karena kondisi air yang sangat bersih dan jernih tersebut.

Untuk warga sekitar Mata air cipondok subang ini sendiri juga memanfaatkan air sumber di pemandian ini untuk berbagai kebutuhan rumah tangga seperti air minum, air mencuci, dan air minum. Debit mata air di tempat ini benar-benar sangat besar sehingga tidak akan pernah ada istilah kekurangan air di tempat ini. Sementara itu karena debit sangat besar, ternyata air sumber di Mata Air Cipondok Subang ini juga dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan air mineral yang pabriknya berada tidak jauh dari sumber Mata Air Cipondok Subang tersebut.

Lokasi Mata Air Aqua Cipondok

Mata Air Aqua ini berada di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat. Tempat ini berada dekat dengan Pabrik Aqua Cipondok Subang.

Tiket Masuk Mata Air Aqua Cipondok

Karena tempat ini bukan merupakan sebuah tempat wisata yang dikelola secara serius oleh pemerintah kabupaten atau pemerintah desa setempat. Maka tempat ini pun belum diberlakukan sistem retribusi tiket. Biaya yang harus dikeluarkan ditempat ini hanyalah untuk parkir motor sebesar 2.000 rupiah/motor serta toilet/tempat ganti pakaian sebesar 2.000 rupiah/orang.

Rute Menuju Mata Air Aqua Cipondok

Untuk mencapai tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun saat hampir sampai ditempat tujuan atau di depan pintu gerbang Pabrik Aqua, kendaraan mobil tidak bisa masuk. Yang bisa masuk adalah kendaraan roda dua atau motor. Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan Mata Air Aqua ini dekat sekali dengan Pabrik Aqua yang sudah banyak orang tahu, jadi kamu tidak akan tersesat dan hanya bertanya pada warga sekitar jika tak tahu arah.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Mata Air Aqua Cipondok Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Melewati Sari Ater – Jalan Cagak – Patung Nanas – Belok ke kanan arah Sumedang. Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu melewati patung nanas. Di bundaran patung nanas ini ada persimpangan ke arah kiri menuju Subang, serta arah kanan yang menuju arah Sumedang. Kamu hanya perlu mengambil arah kanan menuju arah Sumedang. Di sepanjang arah jalan ini kamu akan melewati perkebunan teh, kelapa sawit serta banyak di pinggir jalan truk-truk yang membawa galon Aqua dalam jumlah yang banyak.

Source Jalan Wisata ridwan
Comments
Loading...