Obyek Wisata Manggasang Kabupaten Hulu Sungai Tengah

0 83

Wisata Manggasang Barabai

Tempat wisata di daerah Barabai HST sepertinya lebih banyakan menawarkan keindahan alamnya dibanding wisata buatan. Wisata untuk ngadem yang dekat dengan pusat kota Barabai ada Wisata Pagat Batu Benawa yang sudah lama terkenal dan selalu ramai pegunjung ketika hari lebaran, ada juga Waterpark Baruh Bunga dan Outbound yang bisa dibilang wisata baru di Barabai namun sudah banyak memikat hati wisatawan. Dan tak ketinggalan Wisata Manggasang di Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Barabai, HST yang patut Anda singgahi. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air yang mengalir dari sumber pegunungan menyegarkan. Pemandangannya sangat indah karena airnya mengalir di antar bebatuan alam yang eksotis, ada juga yang membentuk air terjun kecil. 

Daya Tarik Wisata Manggasang Barabai

Mari kita ulas satu persatu daya tarik dan keistemewaan tempat wisata yang satu arah dengan Wisata Pagat dan Waterpark Baruh Bunga ini.

  1. Lokasi Strategis

Objek wisata Manggasang lokasinya sagat strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat Kota Barabai, hanya berjarak  sekitar 13 – 15 KM. Juga dekat pemukiman warga, sehingga mudah dikunjungi berkali-kali.

  1. Wisata Air Menyegarkan

Aliran sungai yang berhulu di Pegunungan Meratus ini sangat menggoda untuk menceburkan diri. Byurrrrr! Airnya yang jernih dan bersih akan membuat Anda betah berenang atau skedar berendam di sana.  Jika mau, Anda juga bisa menyewa ban atau pelampung untuk bermain air. Jika tak ingin main air atau sudah capek (lapah) main air, Anda bisa gelar tikar di tepi sungainya. Areanya luas kok dan tidak becek karena tertutup batu kerikil halus, tempatnya enak buat bersantai sambil masak mie soto banjar atau seduh kopi.

  1. Cuci Kendaraan Gratis

Di wisata Manggasang, Anda bisa gratis sepuasnya cuci kendaraan roda dua bahkan mobil sekalipun. Kok bisa? Yap bisa beneran ya guys, soalnya kendaraan yang Anda bawa bisa langsung masuk ke area dalam tempat wisata. Untuk cuci kendaraan gratis, Anda tinggal arahkan kendaraan Anda ke area yang landai hingga mencapai aliran sungai di tepinya. Nah, setelah itu tinggal cuci sendiri deh dengan alat cuci motor manual. Beneran gratis kan?

  1. Harga Tiket Murah

Hraga tiket masuk wisata Manggasang terbilang murah, tiket masuknya sekitar 5000-an saja. Kendaraan bisa di bawa masuk atau dititipkan di tempat parkir luar. Jika bukan hari besar, seperti Hari Raya. Kendaraan yang dibawa masuk bebas tanpa biaya tambahan.

  1. Fasilitas Manggasang

Fasilitas di wisata Manggasang bisa dbilang minim dan seadanya.  Fasilitasnya : Warung makan,  parkir dan toilet. Jika hari sedang ramai ada juga penjaja pentol yang jualan dalam lokasi wisata. Untuk keperluan ibadah, seperti shalat. Anda bisa menuju masjid atau mushola terdekat dari lokasi wisata.

Rute Menuju Wisata Manggasang

Lokasi : Desa Batu Tunggal, Kec. Hantakan, Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah (HST). Jika dari arah Barabai, Wisata Manggasang berada di sebelah kanan jalan.

Rute Menujunya:Strat dari Barabai – Menuju Mesjid Shulaha – Batali – Gambah – Memasuki wilayah Desa Pagat dan akan melewati TMP Kusuma Bangsa (Kubur Pahlawan) – Melewati Polsek Batu Benawa – Melewati Objek Wisata Pagat – Desa Haliau (Waterpark Baruh Bunga dan Outbound) – Manggasang.

Source https://janganlupapiknikk.blogspot.com https://janganlupapiknikk.blogspot.com/2018/07/wisata-manggasang-barabai.html
Comments
Loading...