Obyek Wisata Malam Alun-Alun Kidul di Yogyakarta

0 198

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau lebih dikenal dengan nama Alkid salah satu wisata jogja malam hari yang menawarkan pesona Jogja di malam hari yang gemerlap dan syahdu, masih menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama pada malam hari. Di tempat ini kamu bisa menikmati malam bersama kawan sembari duduk lesehan di alam terbuka. Kalau kamu mencari lokasi nongkrong di Jogja saat malam selain kawasan titik Nol jogja dan Malioboro, Alun-alun Kidul dapat menjadi alternatif terbaik.

Spot wisata yang terletak di belakang komplek Keraton Yogyakarta ini memang selalu ramai pengunjung, kita akan menemukan berbagai macam lesehan, angkringan, dan juga kerlap-kerlip sepeda hias. Menjadi tujuan para warga Jogja ataupun pendatang seperti mahasiswa mahasiswi untuk hangout di malam hari. Sejak sore, lapangan yang ditumbuhi 2 pohon beringin besar di tengahnya ini mulai ramai suasananya. Pedagang membuka lapaknya, pemilik odong-odong mulai menyalakan lampu, dan satu persatu wisatawan berdatangan.

Lokasi Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul sesuai namanya berarti berada di sebelah Selatan atau belakang Keraton Yogyakarta. Secara administratif Alun-alun Kidul masuk dalam Kecamatan Keraton Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses Menuju ke Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul dapat dengan mudah dijangkau dari manapun karena berlokasi di belakang Keraton Yogyakarta yang notabene jantung kota Yogyakarta. Dari Malioboro atau titik nol km : dapat ditempuh dalam waktu 15 menit menggunakan becak atau andong. Dalam perjalanan anda akan melewati bekas pasar burung Ngasem dan salah satu istana air Tamansari. Jika menggunakan kendaraan umum dapat memilih bus kota jalur 5, kemudian turun di Plengkung Gading – berjalan ke arah utara sekitar 5 menit – Alun-alun Kidul.

Fasilitas yang terdapat di Alun-Alun Kidul Antara Lain

  • Jasa penyewaan penutup mata untuk melakukan Masangin Rp.3.000,-
  • Jasa penyewaan sepeda tandem Rp.10.000,- per 4 putaran Alkid untuk sepeda tandem 2, sedangkan untuk sepeda tandem 3 hanya tiga kali putaran.
  • Becak mini tarif meyesuaikan / nego
  • Odong-odong dan sejenisnya Rp.3.000 – Rp.6.000
  • Penjual makanan dan minuman
  • Jajanan khas tiap sore menjelang malam adalah otak-otak dan tempura
  • Jajanan menjelang malam adalah jagung bakar dan roti bakar, sedangkan minumannya berupa wedang ronde dan wedang bajigur.
Source https://www.njogja.co.id https://www.njogja.co.id/wisata-unik/alun-alun-kidul-yogyakarta/
Comments
Loading...