Obyek Wisata Lava Bantal di Sleman Yogyakarta

0 210

Lava Bantal

Lava Bantal merupakan salah satu wisata  yang berada di bantaran sungai opak. Tempat ini berupa geowisata yang resmi dibuka sejak 30 mei 2016 lalu. Meskipun kelihatanya sederhana, tapi kamu bakal takjub jika menelisik lebih jauh. Lava Bantal bahkan disebut sebut turut andil besar dalam proses terbentuknya Pulau Jawa. Sebab tempat ini terbntuk karena lahar dari gunung api bawah laut yang masuk ke air dingin. Selanjutnya lahar mengalami proses pembekuan.

Proses pembukan lava tersebut tertahan oleh tekanan hidrostatis sehingga terbentuklah Lava Bantal berupa batuan lonjong tak beraturan. Fenomena alam seperti ini tak banyak ditemukan. Selama ini diketahui hanya ada di Karangsambung Kebumen serta Ciletuh, Jawa Barat. Setelah lama “ditelantarkan” kini lokasi Lava Bantal mulai dikelola secara baik. Pengunjung tak hanya disuguhkan oleh batuan batuan hitam, keras dan tak beraturan tersebut. Akan tetapi akan diajak untuk menikmati wahana river tubing. Kamu bisa menyusuri sungai opak menggunakan ban dengan durasi sekitar setengah jam.

Harga Tiket Masuk Lava Bantal Sleman

Sampai saat ini belum diberlakukan tiket masuk lava bantal. Jadi pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja yakni Rp 2 ribu/ motor, Rp 5 ribu/ mobil serta Rp 10 ribu/ bus. Sementara itu bagi yang mau menikmati wahana tubing, dikenakan biaya Rp  30 ribu/ orang untuk trek pendek sejauh 200 meter. Sedangkan harga tubing lLava Bantal dengan trek 2 km dikenakan tarif Rp 55 ribu.

Fasilitas Lava Bantal Sleman

Selain menghadirakn wahana tubing Lava Bantal, tempat ini juga dilengkap sejumlah fasilitas penunjang. Diantaranya seperti cafetaria yang menjajakan makanan dan minuman ringan, toilet, Pendopo, mushola/ tempat ibadah, gazebo lengkap dengan colokan listriknya, dan juga area parkir yang cukup luas.

Rute Menuju Lava Bantal Sleman

Lava Bantal terletak di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Untuk menuju kesana, kamu tinggal melewati jalan raya Jogja Solo menuju Candi Abang. Dari candi abang berjalanlah ke barat dan belok ke utara (ikuti jalan beraspal). Kalau sudah bertemu dengan lapangan dan jembatan, lokasi Lava Bantal persis dibawah jembatan tersebut. Kalau masih bingung bisa buka aplikasi GPS atau jangan ragu bertanya pada warga setempat.

Source https://ngetripyuk.id https://ngetripyuk.id/2017/12/21/lokasi-dan-tiket-masuk-lava-bantal-berbah-sleman-yogyakarta/
Comments
Loading...