Obyek Wisata Lapangan Sempur Bogor Jawa Barat

0 232

Lapangan Sempur

Lapangan Sempur merupakan salah satu tempat wisata pilihan untuk olahraga di Bogor bagi warga Bogor pada waktu hari minggu akan terlihat cukup banyak warga sekitar yang sedang lari pagi disini. Letaknya ada di seputar Kebun Raya Bogor, lebih tepatnya berada di sisi bagian utara sesudah Jalan Si Jalak Harupat.

Posisi lanskap dari lapangan Sempur lebih rendah dari jalan raya sehingga kalau sedang diadakan sebuah event-event tertentu akan terlihat sangat terlihat jelas sekali dari atas jalan. Nama Sempur berasal dari nama sejenis tumbuhan yang bernama sempur. Selain Taman Kencana, Lapangan Sempur juga menjadi salah tempat pertemuan dari warga Bogor sehingga akan menjadi sangat ramai pada waktu hari-hari libur. Lapangan Sempur terletak di seputar Kebun Raya Bogor, tepatnya di sisi bagian utara setelah Jalan Si Jalak Harupat.

Asal Usul Nama Lapangan Sempur 

Beberapa sumber ada yang menyatakan kalau nama Sempur asalnya dari sebuah nama sejenis pohon, katanya puluhan tahun yang lalu, di daerah ini banyak ditumbuhi pohon-pohon Sempur. Yang dinamakan pohon Sempur ini mempunyai buah yang bentuknya mirip dengan buah melon dalam ukuran yang relatif kecil, dan rasa buahnya mirip seperti rasa buah jambu air. Jika Anda penasaran seperti apa bentuk dari pohon Sempur, Anda bisa datang ke Kebun Raya Bogor dan bertanya pada petugas yang sedang berjaga disana tentang pohon Sempur yang masih ada dan tumbuh disana. Ada juga yang mengatakan, kalau Sempur itu asal mulanya dari kata San Poor (bahasa Belanda) yang artinya adalah sebuah tempat pemandian atau sebuah kolam renang. Sampai sekarang pun juga masih terdapat bekas-bekas adanya kolam renang tersebut, walaupun sekarang fungsinya sudah sangat berubah sekali.

Perkembangan Lapangan Sempur

Sempur sekarang terus semakin berkembang, melewati berbagai masa peralihan dari satu pemerintahan ke pemerintahan lain. Disini berdiri sebuah pabrik roti yang bernama Brokkel milik orang Jerman yang saat ini sedang dibangun sebuah hotel Sempur Kencana. Setelah pemerintahan Jepang sekitar 1940-an kawasan sempur ini terkenal sebagai tempat para wanita penghibur. Pada waktu itu para tentara KNIL menggunakan para wanita secara paksa untuk ajang pemuasan nafsu mereka. Pada waktu itu disini terdapat banyak gubuk-gubuk yang beratapkan daun aren sebagai tempat tinggal bagi para wanita penghibur yang dipaksa tersebut. Akhirnya jadilah Sempur seperti sekarang yang termasuk salah satu wisata Bogor, dimana disini sekarang terdapat cukup banyak pemukiman yang berkembang di dalamnya.

Source wisata ragam tempat wisata.com
Comments
Loading...