Obyek Wisata Konsorsium Rumah Wayang Tegal Jawa Tengah

0 101

Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang adalah satu Wisata Budaya Tegal, konsorsium ini bertempat di Sanggar Satria Laras, milik dalang “edan” Ki Enthus Susmono. Tidak terlalu sulit untuk menemukan wisata budaya Tegal yang satu ini, jika kamu dari arah Tegal atau terminal Tegal bisa naik angkot turun Lemah Duwur Talang. Disana terdapat papan petunjuk yang berada di dekat jembatan Lemah Duwur yang menuju ke arah Brug Abang. Atau sesampai di jalan raya Talang, kamu belok ke timur sampai menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung lalu ikuti jalan utama sampai ke Desa Bengle, konsorsium posisi tempatnya berada di kiri jalan. Rumah Wayang ini berada di Ruko Pegirikan No. 03 Jln. Raya Pegirikan – Balamoa Kec. Talang Kab. Tegal, Jawa Tengah 52193.

Koleksi Konsorsium Rumah Wayang

Bagian depan Konsorsium Rumah Wayang ini terdapat pintu gerbang masuk yang mirip dengan pintu gerbang masuk ke sebuah kerajaan yang dilengkapi dengan patung penjaga di depannya. Konsorsium Rumah Wayang ini satu lokasi dengan Sanggar Satria Laras milik Ki Dalang Enthus juga. Tetapi jangan khawatir. Gerbang pintu masuk ini selalu terbuka pada waktu jam kerja selain itu para petugas yang merupakan rekan Ki Enthus selalu ramah dan siap menemani kita berkeliling untuk melihat-lihat koleksi rumah wayang.

Luas Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang memiliki luas sekitar 4 x 4 meter, di tempat ini tersimpan ribuan wayang baik yang kontemporer maupun gaya tradisi, yang terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang bambu, wayang santri, wayang kreasi, terdapat juga aksesoris seperti topeng, jenis-jenis keris, lukisan dunia pewayangan, batik tegalan, gamelan, foto-foto Ki Enthus, senjata-senjata khas dunia pewayangan, dan masih banyak terdapat koleksi lainnya.

Rumah Wayang ini juga dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai proses pembuatan wayang baik Wayang Kulit ataupun Wayang Golek. Proses pembuatan mulai dari bahan baku sampai menjadi wayang yang siap untuk dimainkan. Di tempat ini kita juga bisa praktek langsung cara membuat wayang.

Terdapat ragam wayang disini yang mengikuti perkembangan jaman, missal wayang berbentuk Upin dan Ipin, Tom and Jerry dan tokoh-tokoh dunia lainnya. Terlebih dengan suasana yang jauh dari keramaian akan membuat kita hikmat untuk melihat koleksinya satu persatu. Setiap koleksi juga diberi nama dan penjelasan singkat agar lebih mudah untuk mempelajarinya.

Sebagai tambahan informasi, untuk datang ke tempat tersebut silahkan berkunjung dari jam 08:00-10:00 dan jam 15:00-17:00. Jika beruntung, kita bisa bertemu langsung dengan si-empunya tempat ini, Ki Enthus Susmono yang saat ini bertempat tinggal di Rumah Dinas Bupati. Apabila kita berkunjung pada saat weekend, biasanya beberapa koleksi wayang sudah di-packing untuk ditampilkan sesuai dengan undangan ndalang.

Source wisata wisata Tegal
Comments
Loading...