Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-1QYP0h.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Keraton Kanoman di Cirebon

0 228

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman merupakan salah satu tonggak sejarah Kota Cirebon dan berkembangnya agama Islam di Cirebon yang menjadi saksi. Di keraton Kanoman, anda akan banyak menemukan peninggalan-peninggalan sejarah dan kisah sejarah yang sangat mendalam dan akan disampaikan oleh pemandu wisata atau abdi dalem Keraton Kanoman. Pada tahun 1588 Masehi, keraton ini didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau dikenal dengan nama Pangeran Kertawijaya yang bergelarkan Sultan Anom 1. Keraton Kanoman Cirebon tidak terlepas dari awal berkembangnya agama Islam yang ada di Jawa Barat.

Sejarah Keraton Kanoman Cirebon

Kesultanan Kanoman merupakan hasil pembagian kesultanan Cirebon kepada puteranya setelah meninggalnya pangeran Girilaya atau yang dikenal dengan nama Panembahan Ratu pakungwati II pada tahun 1666. Putera pangeran Girilayamasing-masing adalah Pangeran Raja Martawijaya yang kemudian memerintah kesultanan Kasepuhan yang berpusat di keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Kartawijaya yang memerintah kesultanan Kanoman yang berpusat di keraton Kanoman dan Pangeran Raja Wangsakerta yang menjadi Panembahan Cirebon yang bertugas dalam hal pendidikan putra-puteri keraton, Pangeran Raja Wangsakerta bertempat tinggal di keraton Kasepuhan dan membantu Pangeran Raja Martawijayamemerintah kesultanan Kasepuhan sebagai Sultan Sepuh I.

Harga Tiket Masuk Keraton Kanoman Cirebon

Untuk tiket masuk ke Keraton Kanoman Cirebon, para pengunjung ditarik biaya Rp. 7.000,- per orangnya. Harga yang relatif murah, kita juga dapat mempelajari sejarah yang ada di Keraton Kanoman. Jam buka keraton ini adalah dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya, pangeran tersebut bergelar Sultan Anom I, di angkat pada tahun 1678 M. Peninggalan bersejarah yang terdapat di Keraton Kanoman cukup erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Akes Menuju Keraton Kanoman Cirebon

Alamat Keraton Kanoman terletak di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Kec. Lemah Wungkuk, tepatnya terletak dibelakang pasar Kanoman. Lokasi kerton tersebut cukup strategis karena tidak begitu jauh dari Stasiun Kejaksan Cirebon, pengunjung dapat menempuh sekitar 10-15 menit perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, angkot atau menggunakan jasa ojek.

Source Jalan Wisata Vebma.com
Comments
Loading...