Obyek Wisata Kawah Ratu Bogor Jawa Barat

0 198

Kawah Ratu

Kawah Ratu termasuk salah satu kawasan wisata yang menantang di daerah Bogor. Untuk mencapai kesana memerlukan tracking menelusuri hutan dan sungai yang cukup panjang. Ada 3 alternatif jalur untuk menuju kawah ratu. Jalur yang pertama melalui gunung bunder via pasir rengit dengan panjang tracking sekitar 3.5km dan dapat di tempuh sekitar 2.5 jam. jalur yang kedua masih melalui gunung bunder via curug seribu dengan panjang track sekitar 5km yang bisa di tembuh 3-4 jam, dan jalur yang ketiga jalur track melalui bumi perkemahan cidahu-sukabumi dengan panjang track 4.5km. Kawah Ratu ini berada di Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.

Akses Menuju Kawah Ratu

Jalur menuju kawah ratu memang cukup menantang, walau tidak terjal karena berada di ketinggian 800 – 900 mdpl tapi tingkat kerapatan pohon, beraneka ragam jenis pepohonan serta track sungai & lumpur menjadi tantangan yang mengasikkan ketika menuju kawasan kawah ratu ini. Curah hujan yang tinggi menyebabkan banyaknya mata air & aliran sungai kecil selama tracking menuju kawah ratu jd anda tidak perlu khawatir akan kehabisan sumber mata air.

Yang perlu anda perhatikan adalah kehati hatian meminum air dari sungai saat mendekati area kawah ratu, karena umumnya air sungai telah tercampur belerang ini bisa di cium dari bau dan rasa yang aneh, jika merasa air tidak layak minum lebih baik jangan di minum. Tim jakarta traveller memilih jalur gunung bunder via curug seribu ketika mengunjungi kawah ratu gunung salak endah. karena jalurnya mempunyai banyak pesona alam yang menarik, dari vegetasi hutan yang rapat, padang kecil, air terjun curug seribu, serta banyaknya sungai yang begitu mempesona.

Daya Tarik Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh para pecinta wisata alam. Yang menjadikan kawah ini berbeda dengan kawah-kawah lain adalah keberedaan aliran sungai. Ya, Kawah Ratu dilintasi oleh aliran Sungai Cikuluwung sepanjang kira-kira 1 km. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kawah ini. Dilihat dari kejauhan, air sungai tersebut terlihat berwarna biru toska. Namun, saat kita mendekat, akan ada warna kuning di dasar sungai yang terlihat dengan jelas. Warna kuning tersebut adalah endapan belerang. Lokasi Kawah Ratu sendiri bisa dikatan berada di perut Gunung Salak. Karna, kalau meneruskan perjalan dari tempat ini kita akan sampai ke Puncak Salak 1 (2.221 mdpl) dan Puncak Salak 2 (2.180 mdpl) yang terkenal angker itu. Adapun untuk jalur pendakian ke kawah ini sendiri ada tiga jalur yang sudah cukup terkenal.

 

Source wisata yukpiknik.com
Comments
Loading...