Jembatan Gantung Danawarih Tegal Jawa Tengah

0 240

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih merupakan salah satu wisata yang berada di Tegal, Jembatan Gantung ini  berada di desa Danawarih ini terletak tidak jauh dari Bukit Sitanjung. Bendungannya sendiri mulanya dibangun oleh pendiri Tegal yakni Ki Gede Sebayu. Fungsi utama dari bendungan Kali Gung ini adalah sebagai sarana irigasi. Sedangkan fungsi utama dari jembatan gantung ini adalah sebagai penghubung yang menghubungkan desa Danawarih dengan Desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang, Tegal, Jawa Tengah. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dengan panjang 273 meter dan lebar hanya 1 meter.

Pemandangan Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung ini bisa digunakan sebagai sarana untuk menikmati pemandangan di sekitar bendungan. Bendungan bisa kita temui di sebelah selatan dari jembatan gantungnya itu sendiri. Selain wisata alam, di Danawarih sendiri terdapat lokasi wisata religi karena disini terdapat lokasi makam Ki Gede Sebayu.

Pemandangan yang indah dan masih asri membuat siapa saja yang melihatnya menjadi damai. terlebih di sini Anda masih bisa mendengar kicauan burung – burung. Jadi tidak salah, apabila musim liiburan, banyak sekali yang datang ke sini baik itu dengan teman dekat, keluarga maupun kerabat. Bahkan di jembatan dan beberapa lokasi sekitar, sering digunakan sebagai tempat foto pre wedding.

Akses Menuju Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan ini berada sekitar 24 Km ke selatan Kota Tegal. Untuk menuju ke sana, jalur yang dilalui hampir sama dengan jalur yang akan ke Obyek Wisata Guci. Setelah melewati Pertigaan Yomani terus ke selatan dan akan melewati Desa Timbangreja kemudian Desa Danawarih. Untuk menuju ke Jembatan Gantung, setelah perbatasan Desa Timbangreja dan Danawarih, belok ke timur. Hingga menemukan pertigaan lagi, baru belok ke selatan terus mencapai lokasi. Sepanjang perjalanan menuju tempat tersebut dapat terlihat aliran sungai Kali Gung, sawah, saluran induk Kaligung, dan Gunung Slamet.

Source wisata wikipedia
Comments
Loading...