Obyek Wisata Hutan Kota Malabar di Malang

0 114

Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar adalah suatu area yang mempunyai komponen material lunak, keras dan saling mendukung antara satu dengan lainnya. Memang disengaja direncanakan dan dibuat oleh tangan manusia yang berguna sebagai tempat penyegar diluar atau didalam ruangan. Ada area di jalan Malabar, yang tidak digunakan oleh Pemerintah Kota Malang dan fungsinya dijadikan sebagai Hutan Kota.

Harus diberi acungan jempol untuk Pemerintah Kota Malang, sebab sudah banyak sekali pengalihan fungsi Ruang Terbuka Hijau yang dijadikan gedung – gedung dan tempat perbelanjaan. Mall MOG di dirikan diatas area lapangan Stadion Gajayana.

Dan Mall MATOS di dirikan diatas taman yang sangat luas. Yang tak seharusnya dibuat sebagai tempat perbelanjaan, dikarenakan pada awalnya kota Malang didirikan sebagai kota peristirahatan dan saat ini kota Malang dijadikan sebagai kota Pendidikan. Taman Hutan Kota yang posisinya ada di jalan Malabar yaitu Hutan Kota Malabar. Luas area hutan kota ini kurang lebih sekitar 16.718 meter persegi. Di tengah – tengah hutan kota tersebut ada kolam air yang katanya banyak manfaatnya. Dapat dipakai untuk berekreasi sebab tempat ini sangat teduh, begitu tenang hingga bisa membuat suasana hati merasa tenang dan damai. Dapat juga sebagai edukasi sebab banyaknya tanaman dan pepohonan dengan nama spesies beraneka jenis.

Rute Menuju Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar tersebut berada di jalan Malabar, Hutan yang letaknya ada di bagian sebelah timur Taman Merbabu dan Gereja Ijen, mempunyai bermacam – macam fungsi. Lokasi hutan ini sangat strategis, sebab tak begitu jauh dengan pusat dari kota Malang. Jika dari arah alun – alun kota Malang, cukup mengarahkan kendaraan kea rah bagian utara dan selanjutnya belok ke arah kiri pada jalan Semeru. Begitu sampai di jalan perempatan sebelum akhir jalan Semeru, belok ke arah kanan menuju jalan Merapi, lalu lurus dan telah sampai di Hutan Kota Malabar tersebut.

Harga Tiket Hutan Kota Malabar

Untuk masuk ke area hutan tersebut tidak membutuhkan biaya atau tiket masuk, karena gratis tanpa ada pungutan apapun. Sebab hutan tersebut merupakan ruang publik yang diperuntukan masyarakat. Tetapi untuk parkir akan dikenakan tarif, untuk sepeda motor dikenakan Rp 2.000,-/motor dan untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-/mobil. Jadwal buka hutan tersebut dari senin sampai dengan minggu, berarti tiap hari buka tak terkecuali hari libur atau hari raya. Jam buka hutan kota tersebut mulai dari jam 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Source https://www.jejakpiknik.com https://www.jejakpiknik.com/hutan-kota-malabar/
Comments
Loading...