Obyek Wisata Gunung Tidar Magelang Jawa Tengah

0 289

Gunung Tidar

Gunung  Tidar merupakan salah satu tempat wisata yang ada kota Magelang. Bukit ini unik karna lokasinya berada di tengah-tengah kota. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun gunung ini cukup asik untuk didaki. Atau lebih tepatnya, pemanasan sebelum mendaki. Gunung Tidar ini sering dijadikan tujuan wisata religi umat muslim yang tinggal di beberapa daerah di Jawa Tengah. Karna, di sekitar gunung ini terdapat beberapa makam beberapa kyai yang cukup berpengaruh di jamannya. Seringnya, orang-orang yang datang berziarah ke Gunung Tidar dalam sebuah rombongan yang jumlahnya cukup banyak.

Gunung  Tidar memiliki tinggi sekitar 503 meter mdpl. Walau tidak tinggi, namun suasana di Gunung ini terasa sangat alami banget. Area gunung banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus serta pohon salak. Ada juga beberapa pohon beringin besar yang usianya pastilah sudah sangat tua. To be honest. Gunung ini sedikit mistis. Pohon-pohon besar yang banyak terdapat di Bukit serta keberadaan beberapa makam mungkin adalah penyebabnya.

Lokasi Gunung Tidar

Gunung Tidar berada di tengah kota Magelang. Pintu masuk pendakian ke Gunung Tidar ini berada di belakang terminal angkutan kota Magelang. Sebelum masuk ke area gunung, kita diwajibkan untuk mampir ke pos juru kunci makam yang lokasinya berada persis di depan pintu masuk.

Tiket Masuk Gunung Tidar

Mulai 3 Oktober 2017 Pemerintah Kota Magelang menerapkan penarikan retribusi tiket masuk bagi pengujung Gunung Tidar sebesar Rp. 3.000/orang. Untuk tahun 2017 ini dari Januari hingga akhir bulan September tercatat ada sebanyak 119.395 wisatawan. Jumlah itu meningkat dibanding kunjungan tahun 2016 yang hanya 82.696 wisatawan.

Fasilitas Gunung Tidar

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Tidar, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Tidar.

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Tidar.

Akses Gunung Tidar

mudah sekali menjangkau Gunung Tidar. Satu-satunya akses naik ada di kampung Barakan, segi utara lereng Tidar, belakang terminal lama Jl Ikhlas Magelang. Kendaraan pribadi seperti mobil & motor sanggup parkir di depan gerbang masuk. Bila memanfaatkan angkutan umum, dapat memanfaatkan rute 2, 3, 4, 6, 10 tergantung dari mana posisi kamu. Tak ada kupon masuk, lumayan membayar budget parkir & isikan kotak amal seikhlasnya.

Source wisata magelang
Comments
Loading...