Obyek Wisata Gunung Telomoyo Magelang

0 272

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di wilayah Kab Semarang & Kab Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut). Gunung ini nampak dari kota-kota, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.

Gunung ini diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Dia terbentuk dari segi selatan Gunung Soropati yg sudah tererosi & runtuh sejak Pleistosen. Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U. Gunung Telomoyo muncul disebelah selatan depresi setinggi 600 m dari basic cekungan.

Beberapa orang mampu naik sampai ke puncak Gunung Telomoyo dengan memanfaatkan kendaraan ataupun jalan kaki. Terdapat air terjun mungil ketika menapaki jalan menuju puncak gunung. Pemandangan disekitar gunung ini teramat keren. Di puncak gunung ini waktu ini tidak sedikit didirikan menara penerus sinyal radio.

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Telomoyo

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Telomoyo. Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Telomoyo.

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Telomoyo.

Akses Gunung Telomoyo

Ada dua akses mutlak untuk mencapai gunung ini. Yang mula-mula, seandainya lewat Kota Magelang, kita lewat jalan arah ke Semarang & berbelok kekanan sesudah Secang. Dari situ kita menyusuri jalan hingga di Grabag dan tetap ke arah timur ke arah Ngablak hingga berjumpa bersama Desa Dalangan yang berada di kaki Gunung Telomoyo.

Trayek ke-2 ialah lewat Jalan Raya Salatiga-Magelang. Akses masuknya merupakan di Desa Salaran, Getasan Kab Semarang atau Blancir di Ngablak Kab Magelang membawa persimpangan ke kiri dari arah Salatiga. Kalau kita lewat Ngablak, persimpangan itu bisa ditemui kurang lebih satu kilo meter sesudah Wanawisata Kopeng.

Pendakian Gunung Telomoyo

Pendakian gunung Telomoyo dapat dilakukan memakai kendaraan atau jalan kaki. Telah ada akses jalan aspal menuju puncak gunung Telomoyo. Di puncak Telomoyo kita dapat menemui satu buah menara penerus sinyal radio. Dari puncak pun kita mampu menyaksikan keindahan kota-kota disekitar gunung Telomoyo seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.

Untuk menuju tempat pendakian atau gerbang masuk gunung Telomoyo tujulah alamat berikut : Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kab Magelang.

Jalan menuju puncak gunung Telomoyo dapat diakses memakai sepeda motor atau mobil. Namun mesti hati-hati lantaran jalan yg berkelak-kelok & memutar-mutar.

Tips Pendakian Gunung Telomoyo

  1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar
  2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh
  3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan
  4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
  5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
  6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia
  7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun
  8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.
Source wisata magelang
Comments
Loading...