Obyek Wisata Gunung Kukusan Magelang Jawa Tengah

0 184

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan adalah salah satu puncak perbukitan Menoreh di kabupaten Magelang. Pada awalnya gunung atau puncak bukit ini lebih dikenal dengan Gunung Kendeng karena kaitan cerita Pangeran Kendeng di gunung tersebut. Gunung Kukusan sebagaimana yang kita tahu menyajikan daya tarik pemandangan dari ketinggian yang tidak kalah menarik dibandingkan Puncak Suroloyo yang masih dalam satu Pegunungan yang sama.

Lokasi Gunung Kukusan

Gunung Kukusan di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Akses Gunung Kukusan

Rute untuk menuju ke Gunung Kukusan dari Jogja, dimulai dari Tugu Jogja – Ambil jalan ke arah barat menuju Perempatan Bangjo (lampu lalu lintas) Ringroad Barat Demak Ijo- Bangjo Ring Road Demak Ijo ambil ke barat –  Jalan Godean –Pasar Godean- Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Kenteng (perempatan terlihat pegunungan menoreh) ambil Kanan – Perempatan Dekso (perempatan yang ada Tugu tengah jalan) ambil kiri – Ikuti jalan ke arah Samigaluh melewati sungai Tinalah di kiri jalan dan.

Juga mulai berkelok naik dan turun – Pertigaan Pasar Totogan ambil ke kiri/lurus (jika ambil ke kanan itu menuju puncak Suroloyo) – SMP N 2 Samigaluh – Mentok Pertigaan Pasar Plono ambil ke Kanan. Setelah melewati Pasar Plono akan ada petunjuk jalan menuju kebun teh dan desa wisata Nglinggo ikuti saja petunjuk jalan tersebut sampai menemukan Loket tiket masuk dan area parkit wisata ke Kebun Teh. Dari Kebun Teh Nglinggo ke Gunung Kukusan kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak tanah menerobos hutan selama 10-15 menit akan sampai di gerbang masuk untuk menaiki Gunung Kukusan.

Keindahan Gunung Kukusan

Kedua Puncak ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indahnya, bisa melihat indahnya pegunungan lembah dan sekitarnya bahkan jika beruntung dan cuaca sedang cerah-cerahnya kita bisa melihat 8 Gunung yang terkenal di Jawa Tengah yaitu Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Prau/Prahu. Sayapun jadi membayangkan jika melihat 8 puncak-puncak gunung terkenal di Jawa Tengah saat suasana senja pasti sangat indah.

Dan menarik untuk dicoba lain waktu. Jika di tanya tempat ternyaman untuk menikmati Pemandangan tersebut adalah Puncak Dempok. Puncak Dempok terdapat 4 buah kursi bambu panjang, sekedar untuk bersantai memakan bekal yang kita bawa, atau sekedar duduk bersantai menikmati pemandangan yang terpampang Nyata didepan mata. Selain itu area pijakan datar di Puncak Dempok lebih banyak dari pada Puncak Kendeng yang hanya bisa di isi sekitar 5 orang saja.