Obyek Wisata Goa Terawang Blora Jawa Tengah

0 193

Goa Terawang

Wisata Goa Terawang merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Blora. Goa Terawang ini berada di Desa Kedungwung, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, ada pada Km 35 samping Barat kota Blora atau 107 km dari kota Semarang. Goa Terawang adalah object wisata gua alam yang terbentuk didalam batu gamping pegunungan kapur berusia kurang lebih 10 juta th. waktu lalu, dengan luas 13 ha, ada didalam lokasi rimba RPH Kedungwungu, BKPH Kalonan KPH Blora.

Akses Menuju Goa Terawang

Wisata Blora Goa Terawang Tempatnya berjarak 32 km. arah barat Kota Blora atau 107 km. dari Kota Semarang. Untuk meraih Wisata Blora Goa Terawang telah ada jalan desa yang mulus, bisa ditempuh dari Semarang-Purwodadi-Wirosari menuju ke Kunduran Kabupaten Blora. Pas di pertigaan depan Puskesmas Kunduran, pengunjung dapat belok kiri melewati jalan desa yang mulus selama kurang lebih 8 km.. Lokasi Wisata Blora Goa Terawang ada persis di pinggir jalan. Bila dari Blora, pengunjung menuju ke arah pertigaan Pasar Ngawen, lalu membelok ke kanan melewati jalan menuju ke Japah, Padaan, Ngapus, sampai tiba di Todanan atau sekitaran 10 km.

Sejarah Goa Terawang

Wisata Blora Goa Terawang ini telah di kenal mulai sejak jaman raja-raja Jawa untuk tempat bertapa manfaat peroleh kemampuan mistis. Pada saat pemerintahan Belanda, Wisata Blora Goa Terawang ini banyak menaruh histori lantaran kerap dipakai untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan bebrapa petinggi Belanda. Konon, setiap akhir pertemuan senantiasa diselenggarakan pesta dansa untuk petinggi yang ada.

Kedalaman Goa Terawang

Tetapi, pada saat perang kemerdekaan, Wisata Blora Goa Terawang ini jadi daerah pertahanan untuk beberapa pejuang. Kekhasan di Wisata Blora Goa Terawang ini, beberapa pengunjung leluasa mencermati goa di siang hari. Lokasi Wisata Blora Goa Terawang adalah kompleks goa yang mempunyai enam goa dalam satu lokasi, ini paling banyak di Jateng. Didalam lokasi seluas 13 hektar itu ada satu goa induk, satu sendang, serta lima goa kecil yang lain. Goa ini adalah hanya satu goa yang di dalamnya jelas di siang hari lantaran terserang cahaya matahari. Di kompleks Wanawisata Goa Terawang ada lokasi arena bermain anak yang terdapat 50 mtr. dari mulut Goa Terawang yang merasa sejuk lantaran dipayungi beberapa ratus pohon jati besar.

Keunikan Goa Terawang

Sisi Utara berabatasan dengan desa Cokrowati, samping Barat bersebelahan dengan desa Ketileng, samping Selatan bersebelahan dengan desa Ketileng serta Kedungwungu, sisi Timur bersebelahan dengan desa Kedungwungu. Batas alam dikelilingi oleh rimba lindung kayu jati. Wana Wisata ini ada pada ketinggian 172 m dpl, memiliki suhu hawa 21, 8°C – 36, 6°C dengan curah hujan 1. 570 mm per th. serta topografi datar bergelombang.

Tiupan angin di lokasi ini berkekuatan tengah serta penyinaran matahari cukup terik, mempunyai type tanah kapur yang stabil, dan memeliki daya serap yang baik serta tingkat erosi yang rendah. Tempat object ini ada di lingkungan rimba jati dan di sekelilingnya ada goa-goa lain yang mendukung dengan tempat yang berdekatan dengan Terawang diantaranya Goa Ikat, Goa Macan serta Goa Gombak. Dalam lokasi ini dapat ada lokasi huan kayu jati yang sudah diputuskan sebagai rimba lindung dan ada kera yang saat ini jumlah populasinya makin menyusut

Source wisata blora
Comments
Loading...