Obyek Wisata Goa Nguwik Purworejo Jawa Tengah

0 250

Goa Nguwik

Goa Nguwik merupakan salah satu tempat wisata Goa yang ada di Padukuhan Katerban, Desa Donorejo, kecamatan Kaligesing. Tetapi lokasi wisata yang sedikit tersembunyi, membuat goa ini jarang sekali didatangi pengunjung.

Goa Nguwik sendiri pernah menjadi saksi penemuan fosil hewan purbakala setahun silam. Kendati begitu lebihnya penemuan hewan tersebut tidak cukup mampu membuat pamor goa ini menggeliat. Goa ini diketahui memiliki panjang sekitar 220 meter. Goa Nguwik sendiri sebenarnya memiliki potensi wisata yang tidak kalah keren dibanding goa seplawan. Sayangnya, beberapa fasilitas pendukung belum mampu dioptimalkan, seperti jalan setapak sebagai akses menuju lokasi wisata yang masih berantakan serta tidak ada MCK.  Belum adanya penerangan goa juga disinyalir yang menjadi kendala Goa Nguwik ini sepi dari wisatawan.

Daya Tarik Goa Nguwik

Memiliki daya tarik dengan keberadaan fosil hewan purba yang berusia sekitar 900.000 tahun, akan menambah perbendaharaan dokumentasi sejarah Anda. Tiga jenis hewan yakni rusa, kudanil dan badak telah diyakini tim purbakala dari Sangiran.

Dalam musim lebaran ini, tak pelak obyek wisata yang relatif baru itu didatangi ratusan pengunjung. “Selama Lebaran ini ada peningkatan drastis terkait kunjungan. Bisa dikatakan pengunjung dalam satu hari bisa disamakan dengan jumlah kunjungan selama sebulan di hari biasa,” ujar Eko Suratman, salah seorang pengelola kepada Ekspres, Rabu (22/7/2015).Jika sebelumnya, pengunjung hanya bisa menyaksikan fosil karena ada penutupan goa. Dalam Lebaran ini, pengunjung bisa masuk dan mencapai lokasi penemuan. Pengelola juga telah menyiapkan alat penerangan sepanjang 100 meter dari mulut gua.

“Panjang gua hingga lokasi penemuan ada 200 meter, dan yang sudah diterangi baru 100 meter. Tapi yang berminat mengunjungi akan diantarkan ke dalam goa oleh penjaga,” tambah Suratman.

Harga Tiket Masuk Goa Nguwik

Harga tiket masuk untuk satu orang pengunjung di kenakan tarif Rp 4.000 dan untuk tarif parkir kendaraan roda dua Rp 2.000.

Source wisata purworejo
Comments
Loading...