Obyek Wisata Goa Gunung Wangi Pemalang Jawa Tengah

0 242

Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wangi adalah Wisata alam dengan pemandangan alam dan gugusan lima goa yang memiliki luas 0,5 Ha di Kec. Bantarbolang. Gugusan goa terdiri dari Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung, Goa Gunung dan Goa Siluman. Goa Gunung merupakan goa yang terbesar dan terpanjang. Lokasi 35 Km kearah barat daya Kota Pemalang.

Lokasi Goa Gunung Wangi 

Goa Gunung Wangi ini berada di Desa Glandang Kecamatan Bantarbolang. Dari Kota Pemalang kurang lebih jaraknya kurang lebih 26km barat daya. Goa ini terdiri dari gugusan lima goa yang luasnya kurang lebih 0,5 Ha. 5 Gugusan goa tersebut, yaitu Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Siluman dan Goa Bandung.

Akes Menuju Goa Gunung Wangi 

Kecamatan Bantarbolang ini merupakan jalur Pemalang-Purbalingga. Jika menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan minibus jurusan Pemalang-Randudongkal ataupun bus-bus yang ke arah selatan. Sebaliknya jika dari, misalnya Purbalingga naiklah bus-bus yang ke arah Pemalang. Saran terbaik dari Masmin adalah menggunakan kendaraan pribadi karena obyek wisata ini kondisinya seperti yang Masmin ceritakan di atas dan akses untuk sampai ke lokasinya pun susah karena lumayan agak terpelosok. Ini cocoknya buat kalian-kalian yang hobi hiking dan suka tantangan seperti jalur menuju ke sana. Jika sudah sampai di pasar Bantar Bolang, silahkan carilah informasi mengenai Goa Gunung Wangi tersebut.

Untuk menuju lokasi kami menggunakan kendaraan roda dua, tapi tidak sampai ke lokasi Goa, perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 50 meter, yang masih dalam keadaan semak belukar. Sembari berjalan kami membuat jalan setapak agar bisa di lewati. Karena kedua Goa tersebut memang jarang dikunjungi para “tamu Gunung Wangi”. Kedua goa tersebut dan Goa-Goa yang lain belum dikelola layaknya tempat wisata, hanya para kunci yang mengelola, terutama kebersihannya, itupun di lingkungan goa tertentu, seperti Goa Sibuyung dan Penganten.

Source wisata Desa Kuta
Comments
Loading...