Obyek Wisata Goa Gajah di Dlingo

0 32

Goa Gajah 

Goa Gajah merupakan goa alami yang ditemukan di perbukitan Dlingo Gunungkidul. Goa ini memiliki panjang sekitar 200 meter dengan tipe goa horizontal. Daya tarik yang ditawarkan adalah kondisi lorong goa yang masih alami dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. masyarakat setempat mengembangkan wisata jelajah goa ini bersama dengan pesona Tebing Watu Mabur. Goa Gajah terletak di Desa Wisata Lemahabang, dusun Lemahabang, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

 

Rute Menuju Goa Gajah 

Rute menuju kawasan ini mengikuti petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan yang banyak ditemukan di beberapa persimpangan jalan. Bila masih bingung ikuti Jalan Imogiri Timur yang berada di sebelah selatan Terminal Giwangan hingga menemukan pertigaan jalan tanpa lampu lalulintas. Ikuti jalan ke arah kiri menuju ke Kebun Buah Mangunan hingga tiba di persimpangan kantor desa Mangunan. Dari persimpangan tersebut pilih ke arah kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan. Sebuah persimpangan terakhir ikuti papan petunjuk arah menuju Goa Gajah dan Tebing Watu Mabur.

Kondisi di Goa Gajah 

Posisi Goa Gajah berada di area perbukitan ujung kawasan pemukiman penduduk. Gapura masuk menuju kawasan goa terlihat jelas dari tepi jalan. Kondisi goa masih cukup alami meskipun sudah dibangun tangga lurun dari mulut goa. batu yang bentuknya menyerupai gajah disebut-sebut sebagai asal mula penamaan goa alami ini. Semantara ini Goa Gajah dibuka untuk wisata pada hari libur saja dikarenakan masih kurangnya jumlah personel masyarakat yang mengelola kawasan wisata ini. Bila pengunjung ingin masuk menjelajah goa pada hari-hari biasa silakan menghubungi pengelola wisata yang kantornya berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/goa-gajah-bantul.html
Comments
Loading...