Obyek Wisata Gedung Arsip Nasional di Jakarta

0 153

Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang memiliki daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke museum ini. Gedung Arsip Nasional ini berada di Jalan Gajah Mada No. 111, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat merupakan bangunan yang dulu pernah dijadikan sebagai tempat penyimpanan arsip-arsip nasional Negara Indonesia.

Saat ini, penyimpanan arsip negara telah dipindahkan ke gedung yang berada di Jalan Ampera, Jakarta Selatan. Bangunan ini merupakan salah satu gedung tua yang bersejarah. Gedung Arsip Nasional dibangun pada abad ke-18 sebagai tempat tinggal Gubernur Jenderal VOC Reinier de Klerck. Sempat digunakan sebagai kantor dari Departemen Pertambangan Belanda kemudian diubah menjadi gedung arsip.

Sampai Indonesia merdeka, gedung ini tetap digunakan sebagai tempat penyimpanan arsip oleh pemerintah Indonesia. Tahun 1979, pemindahan arsip nasional ke gedung yang baru selesai dilakukan.  Pemanfaatan gedung saat ini lebih banyak digunakan sebagai tempat pameran atau pagelaran acara tertentu. Gedung Arsip Nasional buka setiap hari, mulai pukul 08:00 hingga pukul 17:00 dan tidak dipungut biaya bagi pengunjung yang ingin masuk dan melihat-lihat.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/west-jakarta-103066
Comments
Loading...