Obyek Wisata di Pura Petitenget Badung, Bali

0 24

Pura Petitenget

Pura Petitenget adalah salah satu pura yang sangat signifikan dan dibangun berabad-abad yang lampau. Merupakan markah tanah yang menunjukkan budaya khas Bali dan tempat ibadah penting umat beragama Hindu. Anda bisa melihat banyaknya perayaan keagamaan yang diadakan di pura ini. Pura ini juga merupakan adalah salah satu rangkaian kuil laut yang bermula dari Pura Luhur Ulu Watu yang terletak di bagian utara Bukit Peninsula hingga ke Pura Tanah Lot di sisi Barat Bali.

Suasana di Pura Petitenget

Suasana Pura Petitenget sangatlah tenang dan kesan religius sangat terasa di sini. Penduduk Bali setiap harinya mempersembahkan makanan yang dibungkus daun pisang dan membakar dupa di sini. Kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat perayaan Merakih yang diadakan pada hari Rabu. Perayaan ini dilakukan setiap 210 hari kalender Pawukon. Payung-payung dan kain warna warni bertaburan dan menghiasi Pura Petitenget. Anda juga bisa mendengarkan banyaknya doa-doa yang dipanjatkan.

Sejarah Pura Petitenget

Pada zaman dahulu kala wilayah tempat berdirinya Pura Petitenget adalah hutan belantara yang gelap. Orang-orang yang menjelajah hutan ini selalu kembali dengan tubuh yang sakit-sakitan. Penduduk pun percaya sebuah roh bernama Bhuti Ijo tinggal di hutan yang gelap ini. Pada abad ke 16, seorang iman terkenal bernama Hyang Nirartha tiba di Seminyak. Pria yang datangnya dari Pulau Jawa ini membagikan kepercayaan Hindu ke penduduk setempat.

Akses Menuju Pura Petitenget

Pura Petitenget berada di Jl. Petitenget, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi Pura ini memang cukup terpencil tetapi mudah ditempuh. Dari arah bandara Ngurah Rai, Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tiba di jalan Peitenget. Kalau Anda berasal dari sisi Utara via Sunset Road, Anda perlu melewati jalan Raya Kerobokan. Bila Anda berada di bagian Selatan Bali seperti Kuta, Anda harus melewati jalan Raya Seminyak. Pura ini terletak di jalan utama. Patokan Anda adalah sebuah restoran yang bernama Petitenget.

Nah, pura ini terletak persis di seberang jalan. Pohon-pohon tua yang seusia pura ini memang agak menutupi bagian depan pura. Transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi Pura Petitenget ini banyak. Anda bisa menyewa motor, mobil, naik kendaraan umum seperti bemo atau taksi. Kalau Anda datang beramai-ramai, kami menyarankan Anda untuk naik taksi. Pura ini juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Biaya parkir yang dikenakan tidaklah mahal. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2,000 – 5,000.

Source https://blog.airpaz.com https://blog.airpaz.com/id/pura-petitenget-seminyak-tempat-wisata-menarik-di-bali/
Comments
Loading...