Gua Wareh Sukolilo Pati Jawa Tengah

0 298

Gua Wareh

Gua Wareh adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pati. Goa Wareh ini berada di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menyimpan sejarah, asal usul, mitos, misteri dan legenda yang berkembang di masyarakat setempat.

Dari pusat kota, lokasi objek wisata Gua Wareh bisa ditempuh sekitar 25 menit atau 15 kilometer. Goa Wareh merupakan satu di antara pesona dan keindahan pegunungan Kendeng yang membentang di sepanjang Pati wilayah selatan.

Luas Gua Wareh

Luas area di kawasan goa berkisar di angka 4,5 hektare, memiliki lorong gua menuju arah kiri sepanjang sekitar 100 meter. Daya tarik Goa Wareh semakin mempesona dengan adanya sungai bawah tanah sepanjang 50 meter dengan air yang sangat jernih dan bebas dari polusi air.

Rute Menuju Gua Wareh

Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dari masyarakat setempat, warga Pati hingga luar daerah seperti Kudus, Purwodadi-Grobogan, Rembang, hingga Blora. Saat liburan tiba atau tanggal merah, Gua Wareh diserbu banyak pengunjung, mulai dari muda-mudi yang ingin pacaran sembari menikmati indahnya gua sampai keluarga dengan membawa anak-anak.

Tips Berlibur Gua Wareh

Sebagai tips liburan di Goa Wareh, sebaiknya bawa pakaian ganti dan pelampung bila membawa anak-anak. Sebab, letak keunikan dari wisata di sini adalah mandi di sumber mata air alami Gunung Kendeng atau sungai yang mengalir di depan mulut goa.

Source wisata pati
Comments
Loading...